Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Warga Kiev Diimbau Waspada Saat Rusia Peringat Hari Kemenangan 9 Mei

BeritaIndo – Wali Kota Kiev di Ukraina, Vitali Klitschko, mengimbau warganya untuk waspada saat Rusia memperingati Hari Kemenangan dalam Perang Dunia II pada 9 Mei mendatang. Warga Kiev diminta untuk tetap berada di dalam rumah antara Minggu (8/5) hingga Senin (9/5) waktu setempat.

Para pejabat negara Barat sebelumnya memperingatkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dapat secara resmi menyatakan perang terhadap Ukraina pada 9 Mei mendatang, yang merupakan hari simbolis bagi Rusia.

Meskipun Klitschko tidak secara resmi menerapkan jam malam di Kiev, menurut postingan media sosialnya, tidak akan ada acara apapun yang digelar pada periode waktu tersebut.

Dia juga mengumumkan bahwa akan ada peningkatan patroli di ibu Kota Ukraina tersebut. ”Jika ada yang ingin meletakkan bunga, mereka bisa melakukannya secara pribadi. Perhatikan dan patuhi aturan keamanan selama perang,” ujar Klitschko dalam imbauannya.

”Saya juga meminta anda untuk tidak mengabaikan sinyal alarm udara dan segara berlindung. Dalam beberapa hari kedepan, ada kemungkinan besar gempuran rudal di seluruh wilayah Ukraina. Waspadalah dan jaga keselamatan anda Sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya, spekulasi yang beredar di Moskow dan negara-negara Barat menyebut Putin bersiap memberikan pengumuman khusus soal Ukraina pada 9 Mei. Pengumuman itu bisa jadi soal deklarasi perang atau mobilisasi nasional.

Kremlin telah membantah hal itu, dengan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menyebut spekulasi itu omong kosong.

Namun dilaporkan juga bahwa Putib akan mengirimkan peringatan ‘hari kiamat’ kepada negara-negara Barat saat dirinya memimpin peringatan 77 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II yang jatuh pada 9 Mei nanti.

Peringatan itu akan diwarnai parade militer besar-besaran yang menampilkan tentara, tank, roket , dan rudal balistik antar benua buatan Rusia. Sekitar 11.000 tentara Rusia juga akan berbaris melintas lapangan Merah bersama dengan apa yang disebut Kementerian Pertahanan sebagai 131 perangkat keras militer yang akan menghadirkan tontonan besar.

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengungkapkan bahwa jet tempur supersonik, pesawat pengebom strategis Tu-160, dan pesawat komando hari kiamat ii-80 akan mengudara di atas Katedral St Basil dalam parade 9 Mei. itu akan menjadi momen pertama kalinya pesawat komando hari kiamat ii-80 mengudara sejak tahun 2010.

Pesawat komando itu dirancang untuk bisa membawa jajaran petinggi Rusia dalam situasi terjadi perang nuklir. dalam skenario tersebut, II-80 akan menjadi pusat komando jelajah bagi Presiden Rusia. Pesawat itu dilengkapi teknologi tinggi namun detail spesifikasinya menjadi rahasia negara bagi Rusia.

Putin sendiri akan berpidato di Lapangan Merah, Moskow, sebelum parade militer digelar. Namun Kremlin enggan memberikan informasi soal apa yang akan disampaikan Putin dalam pidatonya pada 9 Mei mendatang.