October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Virus Yezo dari Jepang, Apa Saja Gejala Infeksi Virus Baru ini ?

BeritaIndo – Para ilmuwan Jepang akhirnya mengidentifikasi jenis virus baru yang sudah sejak lama menjadi misteri. Dinamakan virus Yezo, infeksi virus ini menunjukkan beberapa gejala khas.

Virus Yezo pertama kali ditemukan atau diidentifikasi tahun 2019, pada pria berusia 41 tahun yang dirawat di rumah sakit setelah mengalami demam dan sakit kaki setelah digigit kutu.

Pria tersebut diduga mengalami infeksi gigitan kutu saat ia berjalan-jalan di hutan lokal di Hokkaido. Para ilmuwan di Hokkaido University mengidentifikasi infeksi itu berasal dari nairovirus baru di Jepang yang disebabkan oleh gigitan kutu yang menular.

Studi tentang penemuan viruz Yezo sebagai virus baru yang ditemukan di Hokkaido, Jepang ini telah diterbitkan di jurnal Nature Communications.

Gejala virus Yezo berdasarkan analisis dan keluhan pasien yang dirawat di rumah sakit, setelah mendapat gigitan kutu, ia melaporkan mengalami demam.

Hasil pemeriksaan medis pasien, para peneliti menemukan penurunan jumlah leokist dan trombosit darah. Untuk melacak asal virus Yezo dan mencari bukti virus tersebut dalam darah pasien, para peneliti juga meninjau ulang data-data kesehatan pasien yang melaporkan gejala serupa yang ditunjukkan dari infeksi virus baru ini.

Para peneliti menganalisis data pasien dari tahun 2014, dan menemukan lima pasien memiliki gejala yang serupa. Kelima Pasien tersebut juga mengalami berbagai gejala serupa , gejala virus Yezo, seperti demam tinggi, trombosit darah rendah, dan jumlah sel darah putih rendah.

Para peneliti sekarang berencana melacak kemungkinan distribusi virus baru secara nasional pada hewan liar dan pasien. Mereka menyarankan agar lebih banyak rumah sakit untuk menguji virus pada pasien yang mengeluhkan gejala virus Yezo.