October 21, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Unik, Museum di China Ini Punya Fasad Reflektif

BeritaIndo – Museum Sains dan teknologi Hainan yang berlokasi di Kota Haikou, Hainan, China akan memiliki bentuk unik serta bagian fasad yang reflektif (memberikan pantulan).

Museum tersebut akan dirancang oleh firma arsitektur Beijing, MAD. Selain Fasad Reflektif, permukaan fasad museum tersebut akan tampak halus.

Nantinya museum berlokasi di pantai barat Haikou dan dikelilingi oleh stadion olahraga serta Taman Lahan Basah Nasional. Museum ini merupakan proyek publik kedua yang dikerjakan oleh MAD di Hainan setelah Cloudscape of Haikou.

Museum Sains dan teknologi Hainan baru akan dibangun pada akhir Agustus 2021 dan ditargetkan akan selesai dan dibuka untuk umum pada tahun 2024. Luas lokasi pembangunan adalah 46.528 meter persegi dengan 27.782 meter persegi akan digunakan untuk mendirikan useum.

Beberapa ruangan yang direncanakan ada mulai dari ruang pameran permanan, planetarium, teater layar raksasa, dan teater terbang. Untuk konsep desain arsitekturnya, MAD mengambil inspirasi dari perpaduan antara perkotaan dan alam, dan melahirkan konsep ”hutan hujan purba dan teknologi masa depan bertemu.”

Museum ini berlatar belakang hutan hujan tropis yang kaya dan paviliun utama museum berbentu seperti ”awan yang berdialog dengan alam.”

Permukaan museum yang mulu dan bergelombang merepresentasikan awan putih yang mengambang di udara. Ketika pengunjung melihat bangunan dari kejauhan, akan tampak bangunan futuristik khas perkotaan.

Sementara ketika pengunjung yang masuk ke area museum, mereka akan merasakan sensasi berada di dalam hutan. Fasad museum yang reflektif karena nantinya bangunan akan dilapisi plastik yang diperkuat serat sehingga tampak seperti di lapisi oleh cat perak dan memberikan efek reflektif.

Pada bagian eksterior, bangunan akan memiliki kanopi bergelombang memanjang dari paviliun utama ke segala arah. Sisi utara kanpo juga bisa menjadi layar raksas dan teater terban. Sementara dibagian barat daya, terdapat planetarium dan observatorium.

Di dalam, struktur interior museum akan memiliki tiga inti dari lantai ke langit-langit, rangka melengkung, ruangan spiral, dan atap. Langit-langit raksasa di kubah museum akan diisi cahaya alami sehingga menciptakan lingkungan yang terang dan tarnsparan.

Ruang pameran berbentuk spridal dan miring serta bisa menghubungkan pengunjung di seluruh museum. Menurut MAD, pameran bisa disaksikan dari lantai lima, dimana lift memiliki desain transparan sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan laut dan kota dari kejauhan