Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Uni Eropa Akan Bangun Ulang Ukraina dengan Dana Triliunan Euro

BeritaIndo – Seorang pejabat tinggi Eropa mendukung rencana pembangunan kembali Ukraina dengan dana triliunan euro. Presiden Bank Investasi Eropa (EIB) Wener Hoyer Mengatakan, Eropa tidak boleh dibiarkan sendirian menanggung biaya besar dari invasi Rusia ke Ukraina yang dia prediksi bisa mencapai triliunan.

Dibawah Marshall Plan yang diterapkan setelah perang Dunia Kedua, Amerika Serikat memberi Eropa saat ini setara dengan sekitar 200 miliar dollar AS Rp 2,9 kuadriliun selama empat tahun dalam bantuan ekonomi dan teknis.

Seraya menekankan perlunya program serupa untuk Ukraina, Hoyer mengatakan kepada bahwa biaya pembangunan kembali negara itu telah dibahas pada pertemuan baru-baru ini di PBB, Dana Moneter internasional (IMF), dan Bank Dunia Washington.

”beraya biaya untuk memabngun kembali, merekonstruksi Ukraina? Angka-angka melayang di sekitar ruangan, tetapi satu hal yang cukup jelas bagi saya. Kami tidak berbicara tentang jutaan tetapi triliunan kata Hoyer yang juga mantan menteri Jerman di bawah Kanselir Helmut Kohl setelah runtuhnya Tembok Berlin.

Pernyataan Hoyer menggarisbawahi bagaimana Uni Eropa mengatasi dampak ekonomo yang terus meningkat dari perang, dengan menggunakan pengaruh EIB pan-nasional yang biasanya mendanai jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya.