Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Ukraina Timur Kian Tegang, Rusia Gelar Uji Coba Rudal Hipersonik

BeritaIndo – Wilayah Ukraina Timur memanas setelah ratusan peliri artileri meledak di sepanjang jalur kontak antara tentara Ukraina dan separatis pro-Rusia. Akibat penembakan dan ledakan dimana-mana, ribuan orang terpaksa harus dievaluasi, kian meningkat kekhawatiran akan invasi Rusia.

Para pemimpin Barat memperingatkan bahwa Rusia siap untuk menyerang Ukraina, yang dikepung di tiga sisi oleh sekitar 150,000 tentara, pesawat tempur dan peralatan Rusia. Ditengah memanasnya kondisi di Ukraina Timur, Rusia mengakan latihan militer pada Sabtu (19/2). Rusia juga terus melakukan latihan angkatan laut lepas pantai di Laut Hitam.

Kantor Berita Rusia, RIA Novosti dan interfax mengutip juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov yang mengatakan latihan tersebut telah dimulai. Disebutkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko menyaksikan latihan tersebut dari ruang situasi di Kremlin.

Dalam sebuah pernyataan, Kremlin menyatakan bahwa Rusia berhasil menguji coba rudal balistik hipersonik terbarunya, rudal jelajah, dan rudal balistik berkemampuan nuklir sebagai bagian dari latihan militer tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menembakkan dua rudal balistik antarbenua Yars dan mencapai target disemenanjung timur Kamchatka. Rudal jelajah dan rudal hipersonik Zircon juga diluncurkan dari kapal dan kapal selam.

Selama berbulan-bulan, Amerika Serikat dan banyak negara Eropa telah menuduh Rusia berusaha menciptakan dalih untuk menyerang Ukraina. Mereka telah mengancam sanksi besar-besaran dan segera jika itu terhadim yang dibantah keras oleh Rusia.