Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Ukraina Laporkan Pasukan Rusia Ledakkan Jembatan Cegah Serangan Balik

BeritaIndo – Militer Ukraina untuk pertama kalinya melaporkan bahwa pasukan Rusia mulai meledakkan sejumlah jembatan demi memperlambat serangan balik dari pasukan Kiev. Aktivitas Rusia semacam ini dilaporkan terjadi di wilayah Ukraina bagian timur laut.

Staf Jenderal pada militer Ukraina dalam informasi terbaru menyebut pasukan Rusia meledakkan jembatan di area Tsyrkuny dan Rusky Tyshky, yang terletak di sebelah timur Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

”Penjajah meledakkan tiga jembatan jalan untuk memperlambat aksi serangan balasan dari Angkatan Bersenjata (Ukraina),” sebut Staf Jenderal pada militer dalam pernyataan pada Sabtu (7/5) waktu setempat.

Namun dalam dua pekan terakhir, tentara Ukraina berhasil merebut kembali sejumlah desa di sebelah utara dan timur Kharkiv. Hal itu mempersulit pasukan Rusia dalam menggunakan artileri terhadap kota tersebut ,juga berpotensi menghalangi jalur pasokan Rusia untuk para tentara yang bertempur di Donetsk dan Luhansk.

dalam pernyataan, Staf Jenderal pada militer Ukraina juga menyebut adanya sedikit jeda dalam serangan Rusia. Dia menyatakan bahwa selama dua hari berturut-turut, hanya ada sejumlah kecil serangan dari pasukan Rusia, meksipun tembakan artileri dan pengintaian udara terus berlanjut.

Sejumlah pejabat Ukraina meyakini bahwa unit-unit militer Rusia tengah berhenti sejenak sebelum meluncurkan fase berikutnya yang bertujuan mengamankan seluruh wilayah Donetsk dan Luhansk, dua wilayah yang dikuasai separatis pro-Rusia di Ukraina bagian timur.

Di luar kedua wilayah itu, menurut Staf Jenderal pada militer Ukraina, Pasukan Rusia terus menggempur kota Mykolaiv, Sementara di bagian Utara, Ukraina mengklaim telah menghancurkan sebuah gudang dengan amunisi dan hingga 20 unit peralatan militer musuh.