October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Titanoboa Jadi Ular Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

BeritaIndo – Titanoboa dinobatkan oleh para peneliti sebagai ular terbesar di dunia yang panjangnya dapat mencapai 12 hingga 13 meter.

tim ilmuwan internasional di Kolombia berhasil menemukan kerangka parsial ular raksasa bernama Titanoboa cerrejonensis. Saat ini, kerangka titanoboa yang ditemukan oleh para ilmuwan itu disimpan Musseum Sejarah Alam, Florida.

Ahli paleontologi vertebrata Museum Florida, Jonathan Bloch mengatakan, ular Titanoboa berukuran sangat besar bahkan melebihi gambaran ular raksasa yang sering muncul di film Hollywood.

Panjang dan berat Titanoboa melebihi ukuran ular anaconda yang memiliki panjang 6 meter dan berat sekitar 200kg. Tengkorak ular Titanoboa sangat rapuh dan mudah hancur. Oleh sebab itu, para ilmuwan hampir tidak pernah menemukannya.

Hal itu juga yang membuat para ilmuwan kesulitan memberi gambaran yang jelas dan akurat mengenai ular Titanoboa. Akan tetapi, para ahli telah berhasil mengungkap fragmen dari tiga tengkorak Titanoboa. Hal tersebut memudahkan tim ilmuwan untuk mengetahui rupa dari raksasa tersebut.

Tak hanya itu, para ilmuwan juga menemukan banyak kerangka kura-kura raksasa dan kerabatnya buaya primitif yang telah punah selama ekspedisi berlangsung.

Bloch menambahkan di Neotropis Utara pada puluhan juta tahun lalu.

”Sebelumnya, tidak ada fosil vertebrata yang ditemukan antara 65-55 juta tahun yang lalu di Amerika Selatan yang tropis. Penemuan ini membuat kami memiliki pemahaman tentang seperti apa kehidupan di Neotropis Utara.

Pasalnya, ukuran tubuh ular dan hewan berdarah dingin lainnya ditentukan oleh suhu lingkungan tempat tinggalnya. Berdasarkan ukuran tubuh ular Titanoboa, tim ilmuwan memperkirakan suhu tahunan rata-rata diwilayah khatulistiwa Amerika Selatan pada 60 juta tahun lalu mencapai 91 derajat fahrenheit.