Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Tercatat Sejuta Kematian Akibat Corona di Amerika Serikat

BeritaIndo – Kematian akibat Corona atau COVID-19 di Amerika Serikat (AS) terus melonjak. Sejauh ini, ada sejuta kematian akibat Corona yang tercatat di AS. Hal itu disampaikan Presiden AS Joe Biden dalam pernyataannya.

Pengumuman Biden ini disampaikan ketika dia memimpin KTT Covid-19 virtual global yang berlangsung saat Eropa juga melewati dua juta kematian akibat infeksi virus Corona. KTT itu fokus untuk mengendalikan pandemi di seluruh dunia dan mempersiapkan keadaan darurat kesehatan di masa depan.

AS mencatat kematian akibat COVID-19 pertama pada awal Februari 2020. Virus itu melanda New York dan Gedung Putih memperkirakan hingga 240.000 kematian secara nasional pada bulan berikutnya.

Pada musim semi 2020, rumah sakit dan kamar mayat Kota New York bahkan kewalahan dan suara sirene ambulans terus menerus terdengar di jalan-jalan kosong ketika Presiden AS saat itu Donald Trump merespons dengan kacau di Washington.

Dua Tahun kemudian, kehidupan di New York yang menjadi episentrum Covid-19 di AS, kembali normal seiring penduduk berusaha melupakan trauma kolektif dari virus yang telah menewaskan 40.000 warga New York.

Lampu panggung Broadway juga mulai hidup lagi, taksi-taksi kuning memadati jalan-jalan utama dan bar-bar di kawasan bisnis dipenuhi warga saat jam pulang kerja.

Pulihnya New York dibantu oleh angka inokulasi yang tinggi – sekitar 88 persen orang dewasa telah divaksinasi penuh. Angka itu didorong aturan wajib vaksin Corona, termasuk untuk kegiatan dalam ruangan seperti makan di restoran.

Dalam beberapa minggu terakhir, Amerika Seikat telah melihat peningkatan dalam jumlah kasus virus Corona harian. Sebagian besar kasus Corona dipicu subvarian Omicron. Kenaikan itu bertepatan dengan pencabutan mandat masker.