Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Terbongkar Aset Kripto Indra Kenz dan Adik Senilai Rp 35 Miliar

BeritaIndo – Bareskrim Polri telah resmi menahan adik Indra Kenz, Nathania Kesuma, terkait kasus Binomo. Terungkap pula aset kripto Indra dan adiknya yang mencapai Rp 35 miliar.

Adik Indra Kenz sebelumnya mendatangi Bareskrim untuk di periksa sebagai tersangka. Setelah adik Indra Kenz menjalani pemeriksaan, polisi langsung menahannya.

”Sudah ditahan,” Ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Dirtipideksus Bareskrim Brigjend Whisnu Hermawan Saat dimintai Konfirmasi, Kamis (21/4/2022).

Adik Indra Kenz itu kana ditahan selama 20 hari kedepan. Nathania Kesuma ditahan di Rumah Tahanan, Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dengan demikian, Nathania Kesuma menyusul kakaknya, yang juga ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Polisi sebelumnya lebih dulu menahan pacar Indra Kenz, Vanessa Khong, dan calon mertua Indra Kenz, Rudiyanto Pei.

Polisi mengatakan Nathania menerima uang Rp 9,4 miliar dari Indra Kenz. ”Tersangka Nathania Kesuma menerima aliran dana dari tersangka Indra Kesuma sebesar Rp 9,443,436,055,” Ujar Whisnu. Whisnu menyebut nama Nathania Kesuma juga digunakan oleh Indra Kenz untuk membeli rumah di Medan. Selain itu, nathania dan indra memiliki akun Kripto di Indodax senilai Rp 35 miliar.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan sebelumnya menjelaskan Nathania Kesuma diduga membuka akun di exchanger Indodax. Akun itu diduga dibuka atas permintaan Indra Kenz.

Akun itu diduga dioperasikan oleh Nathania Kesuma, walau aset kriptonya milik Indra Kenz. Indodax merupakan platform jual-beli aset kripto terbesar di Indonesia.

Atas perbuatannya itu, Nathania Kesuma dipersangkakan dengan Pasal 5 dan/atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.