Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Tentara Rusia Terekam Menembak Warga Sipil Tak Bersenjata di Ukraina

BeritaIndo – Ketika Leonid Pliats dan bosnya ditembak dari belakang oleh tentara Rusia, detail pembunuhan yang mengerikan itu tertangkap dengan jelas di kamera CCTV. Rekaman tersebut, yang berhasil direkam dan sekrang sedang diselidiki oleh jaksa di Ukraina sebagai dugaan kejahatan perang.

Pada puncak pertempuran di sekitar Kyiv, jalan-jalan utama ke ibu kota itu sudah menjadi medan perang, termasuk di sekitar toko peda tempat Leonid bekerja sebagai penjaga keamanan.

Tetapi tidak ada baku tembak disini, video CCTV dengan jelas menunjukkan sekelompok tentara Rusia bersenjata berat menembak dua warga Ukraina yang tidak bersenjata dan kemudian menjarah toko.

Kami telah mengumpulkan kronologi lengkap peristiwa tersebut, mencocokkan apa yang terekam oleh beberapa kamera CCTV disekitar lokasi dengan kesaksian orang-orang yang ditelepon Leonid pada hari itu, serta prajurit relawan Ukraina yang berusaha untuk menyelamatkannya.

Prajurit Rusia itu awalnya berbicara dengan Leonid dan bosnya dari balik pagar. Tidak ada audio pada rekaman itu tetapi orang-orang tampak tenang, mereka bahkan merokok. Kemudian dua warga Ukraina itu berbalik arah dan para prajurit mulai pergi.

Salah satu dari warga Ukraina itu tewas seketika tetapi entah bagaimana Leonid masih bisa berdiri terhuyung-huyung. Ia bahkan mengikat ikat pinggang di pahanya untuk memperlamat keluarnya darah, lalu berjalan ke dalam kabinnya untuk menelpon minta bantuan.

Leonid berkata kepadanya bahwa para prajurit itu mengkalim mereka tidak membunuh warga sipil, tapi kemudian mereka menembaknya. Orang-orang yang ia telepon itu dulunya bekerja sebagai penjual AC sebelum perang.

Ketika Leonid Pilats terluka, mereka ditugaskan untuk menyeberang jalan raya E40 yang berbahaya dan berusaha menyelamatkannya. Bahkan saat ini, jalanan tersebut dipenuhi dengan bangkai tank Rusia yang terbakar, pertanda pertempuran telah berjalan lagi.