Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Tentara Rusia Tembak Pesawat Sendiri, Putih Sembunyi di Bungker Selama Invasi

BeritaIndo – Tentara Rusia yang melancarkan invasi ke Ukraina dilaporkan mengalami rendah moral dan menolak melaksanakan perintah, bahkan tak sengaja menembak jatuh pesawat sendiri. Presiden Vladimi Putin dilaporkan bersembunyi di bungker nuklir rahasia selama invasi ke Ukraina dilancarkan.

Laporan kepala badan intelijen, siber dan keamanan Inggris atau Markas Besar Komunikasi Pemerintah (GCHQ), Jeremy Fleming, mengungkapkan bahwa berdasarkan intelijen terbaru, ada bukti yang menunjukkan tentara Rusia di Ukraina menolak untuk melaksanakan perintah dan menyabotase peralatan sendiri.

Sementara laporan jurnalis Christo Grozev, yang memiliki keterkaitan dengan outlet investigasi Inggris, Bellingcat, menyebut Putin dan pejabat tingginya memimpin operasi militer di Ukraina dari bungker nuklir di Rusia yang sangat dirahasiakan. Penggunaan bungker ini memicu kekhawatiran jika Putin mungkin bersiap untuk mengerahkan senjata nuklir.

Laporan intelijen Inggris mengungkap bahwa para penasihat Kremlin takut untuk mengungkapkan kebenaran soal kegagalan strategi perang Rusia di Ukraina kepada Presiden Vladimir Putin. Hal tersebut sintak membuat Putin salah menilai secara besar-besaran soal kemampuan Angkatan Bersenjata Rusia dan meremehkan perlawanan Ukraina serta tekat negara-negara Barat yang menghukum Moskow dengan sanksi besar-besaran secara terkoordinasi.

Intelijen Inggris terus berupaya mengungkapkan situasi dan kondisi tentara Rusia yang melancarkan invasi ke Ukraina sejak akhir Februari lalu. Laporan intelijen terbaru Inggris mengklaim tentara Rusia di Ukraina kini rendah moral dan menolak melaksanakan perintah, bahkan tak sengaja menembak jatuh pesawat sendiri.

Kepala Badan intelijen, siber dan keamanan Inggris atau Markas Besar Komunikasi Pemerintah (GCHQ), Jeremy Fleming, mengungkapkan bahwa berdasarkan intelijen terbaru, ada bukti yang menunjukkan tentara Rusia rendah moral dan membawa perlengkapan yang buruk.

Laporan terbaru menyebutkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan jajaran pejabat tinggi ternyata memimpin operasi militer di Ukraina dari bungker nuklir yang sangat dirahasiakan. Penggunaan bungker rahasia ini memicu kekhawatiran jika Putin mungkin bersiap untuk mengerahkan senjata nuklir.

Pergerakan pesawat-pesawat yang digunakan para pejabat tinggi Kremlin menunjukkan Putin mungkin bersembunyi di dekat Surgut, Siberia Bagian Barat. Jika dugaan penggunaan bungker nuklir dengan keamanan ketat oleh Putin dan para pejabatnya itu dikonfirmasi, maka akan mengkhawatirkan karena bisa mengatah pada dugaan lainnya bahwa putin mungkin bersiap mengerahkan senjata nuklir langkah yang akan memicu pembalasan tak terhindarkan.

Sedikitnya dua warga Palestina tewas dalam penggerebekan yang dilakukan tentara Israel di wilayah Tepi Barat. Insiden ini terjadi sebelah rentetan serangan mematikan melanda wilayah Israel beberapa waktu terakhir.

Seorang jaksa Turki yang menangani sidang in-absentia untuk 26 tersangka kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, mengajukan permohonan mengejutkan ke pengadilan Istanbul. Jaksa Turki meminta pengadilan menghentikan persidangan di Istanbul dan mentransfernya ke otoritas Saudi.

Dalam permohonannya, seperti dilaporkan DHA News Agency, jaksa Turki menyebut kasus ini berlarut-larut karena perintah pengadilan tidak bisa dilaksanakan dengan alasan para tersangka merupakan warga negara asing. Diketahui bahwa 26 tersangka dalam kasus yang disidangkan di Turki merupakan warga Saudi.