Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Tayyip Erdogan Telepon Kepala Negara Swedia dan Finlandia

BeritaIndo – Presiden Turki, Tayyip Erdogan, pada Sabtu,21 Mei 2022, menelpon kepala negara dari Swedia dan Finlandia untuk mendiskusikan kekhawatiran Erdogan soal organisasi teroris. Swedia dan Finlandia adalah dua negara yang ingin bergabung dengan NATO, namun mendapat tolakan dari Turki.

Turki menyebut Swedia dan Finlandia menampung orang-orang yang punya sangkut paut dengan militan dari kelompok Kurdistan Wokers Party (PKK) dan para pengikut tokoh Fethullah Gulen. Ankara menuduh Gulen adalah dalang yang merencanakan upaya kudeta pada 2016 silam.

Erdogan mengatakan pada Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson bahwa pihaknya berharap ada sejumlah langkah nyata untuk mengatasi hal-hal yang menjadi kegelisahannya. Erdogan juga menyinggung emargo eskpor senjata yang di berlakukan ke Turki setelah serangan ke Suriah pada 2019 dicabut.

Andersson mengapresiasi telepon dari Erdogan dan berharap dia bisa memperkuat hubungan bilateral dengan Turki.

”Saya menekankan bahwa Swedia menyambut kemungkinan kerja sama dengan upaya memerangi terorisme internasional dan menekankan bahwa Swedia jelas mendukung perang melawan teroris, termasuk kelompok PKK,” kata Andersson.

Sedangkan dala mpembicaraan telepon dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Erdogan mengatakan padanya bahwa berurusan dengan organisasi teroris yang memberikan ancaman ke sekutu NATO tidak sesuai dengan semangat NATO. Menjawab hal itu Niinisto mengatakan pihaknya bersikap terbuka untuk melakukan perundingan dan sepakat untuk melanjutkan dialog.

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, Turki mengejutkan sekutu-sekutunya di NATO dengan enyatakan keberatan masuknya Swedia dan Finlandia ke NATO. Namun para pemimpin dari negara-negara Barat menekankan. Keberatan dan Ankara tidak akan menjadi penghalang bagi proses keanggotaan kedua negara tersebut.