October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Taliban Paksa Eks Pasukan Keamanan Afghanistan Bergabung dengan Mereka

BeritaIndo – Taliban pada Senin (6/9/2021) memaksa para mantan anggota pasukan keamanan Afghanistan untuk bergabung dengan mereka.

”Pasukan Afghanistan yang dilatih dalam 20 tahun terakhir akan diminta bergabung kembali dengan departemen keamanan bersama anggota Taliban,” Kata Juru Bicara Zabihullah Mujahid.

Mujahid menambahkan, setiap pemberontakan terhadap kekuasaan mereka akan ditindak keras, setelah sebelumnya mengatakan mereka telah merebut Lembah Panjshir, kantong perlawanan terakhir.

”Emirat Islam sangat sensitif tentang pemberontakan. Siapa pun yang mencoba memulai pemberontakan akan ditindak dengan keras. Kami tidak akan membiarkannya,” kata Mujahid.

Tiga minggu Setelah Taliban kuasai Afghanistan, belum ada pemerintahan baru yang diumumkan sejauh ini. Terkait hal itu Mujahid menambahkan, sistem sementara akan diumumkan lebih dulu untuk memungkinkan perubahan.

Masalah utama bagi Taliban adalah pembukaan kembali bandara di Kabul, yang merupakan lokasi rencana evakuasi besar-besaran pimpinan AS dan telah berakhir pekan lalu.

Qater bekerja dengan Taliban untuk membuat bandar kembali beroperasi, dan Mujahid mengatakan upaya serius sedang dilakukan untuk memulihkan operasional bandara.

”Tim Teknis dari Qatar, Turki, dan UEA Bekerja keras untuk memperbaiki peralatan,” Katanya seraya menambahkan penerbangan internasional akan segera dilanjutkan.