October 21, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Taliban Minta Inggris Bayar Ganti Rugi Perang Afghanistan Miliaran Poundsterling

BeritaIndo – Taliban dilaporkan meminta Inggris membayar ganti rugi Perang Afghanistan yang jumlahnya miliaran poundsterling.

Laporan yang beredar di Kabul menyatakan permintaan itu harus dijawab secepatnya dengan milisi yakin london bakal memenuhinya. Pejabat Menteri Informasi dan Kebudayaan Noor Mohammad Mutawakel berujar, Inggris sudah siap untuk membayar kompensasinya.

”Tentu kami sangat mengapresiasinya. Negara lain yang terlibat dalam perang tentu harus membayar ganti rugi,” Kata Mutawakel.

Sumber di London mengungkapkan, mereka belum mengetahui detil permintaan Taliban yang pasti jumlahnya miliaran poundsterling.

”Terkait apakah kami akan membayarnya atau tidak, itu menjadi persoalan lain,” Ujar sumber itu.

Tuntutan itu terjadi di tengah ekonomi Afghanistan yang kian melandai. GDP mereka disebut turun 10 persen tahun ini, dan di prediksi turun 5 persen pada 2022-2023.

Banyak negara asing yang membekukan aset negara itu, termasuk as yang menahan dana sekitar 7 Miliar dollar (Rp 99,5 triliun). Tetapi tuntutan diganti rugi tersebut dinilai tak masuk akal. Apalagi Taliban juga banyak membunuh pasukan sekutu.

Salah satunya disuarakan Kolonel Richard Kemp, Mantan komandan pasukan Inggris di Afghanistan, yang merasa konyol dengan permintaan itu. Dia menyerukan kepada London untuk tidak membayar sepeser pun kepada milisi, akan meminta lebih banyak lagi,” Kata dia.

Mereka khawatir milisi akan menangkap dan menjadikan mereka sebagai sandera yang menyuarakan permintaan kompensasi mereka. Kolonel Philip Ingram, mantan pejabat intelijen menuturkan London tengah berada dalam posisi yang begitu sulit.