October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Taliban Makin Mendesak Pasukan Perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir

BeritaIndo – Kelompok Taliban Makin mendesak pasukan perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir, yang oleh pakar disebut mulai kesulitan.

Badan bantuan Italia Emergency, yang mengelola rumah sakit di Panjshir, menyebut milisi sudah mencapai desa Anabah. ”Dalam beberapa hari terakhir, banyak orang sudah melarikan diri dari desa,” Kata Emergency.

Emergency menyatakan sejauh ini, belum terdapat laporan ada yang mengusik fasilitasi emdis mereka di Anabah, dan mengaku sudah menerima permintaan merawat korban luka.

Anabah terletak sekitar 25km di dalam lembah Panjshir. Laporan lainnya menyebut Taliban merebut daerah lain di lembah tersebut.

Bill Roggio, editor pelaksana di Long War Journal dalam kicauannya menyebut masih ada baku tembak antara Taliban dengan Kelompok perlawanan.

Terdapat laporan yang belum terkonfimasi bahwa milisi sudah merebut beberapa distrik. Roggio menerangkan, milisi pimpinan Mullah Abdul Ghani Baradar itu sudah ditempa oleh konflik selama 20 tahun.

Kekuatan Taliban makin bertambah karena mereka menyita senjata dan peralatan militer AS maupun pasukan Afghanistan. Selama bertahun-tahun, Panjshir dianggap sebagai daerah kuat yang berhasil mengusir Uni Soviet dan Taliban saat periode pertama kekuasaan, di 1996-2001.

Ali Nazary, juru bicara Frong Perlawanan Nasional menegaskan mereka tidak akan pernah gagal dalam melawan. Dalam pertanyaannya, dia memeringatkan adanya krisis kemanusiaan dengan ribuan orang mengungsi karena serangan milisi. Sementara dari pihak Taliban, Media yang pro-kelompok tersebut mulai menggelorakan kemenangan di Panjshir.