October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Steam Deck Resmi, Konsol Mirip Nintendo Switch dengan Spek Setara PC

BeritaIndo – Perusahaan platform distribusi game Valve merilis konsol bernama Steam Deck. Konsol ini merupakan perangkat portable (handheld) yang sekilas terlihat mirip Nintendo Switch.

Bedanya, controller di Steam Deck tidak bisa di lepas pasang seperti Joy-Con di Nintendo Switch. soal controller, konsol Valve ini dibekali dengan sejumlah tombol untuk bermain game, seperti empat tombol operasi ABYX, tombol navigasi arah, dua buah analog di kiri dan kanan layar, serta tompol option, Quick Access, View dan Steam.

Ada pula tombol trigger di sisi kiri dan kanang perangkat yang mencakup tombol R1-R5 dan L1-L5, serta dua trackpad di kanan dan kiri layar bisa digunakan untuk navigasinya menggunakan kursor layaknya menggunakan laptop.

Secara Spesifikasi, Steam Deck tak ubahnya sebuah PC gaming yang dibekali dengan layar 7 inci beresolusi .280 x 800 piksel.

Sistem operasinya adalah SteamOS berbasis Linux yang menjalankan game Windows dengan bantuan Proton sebagai compatibality layer. Steam Deck pun bisa menjalankan aneka game komputer , tanpa harus di port secara khusus oleh pengembangnya.

Konfigurasi Hardware perangkat ini mirip dengan yang ada di PlayStaion 5, diantaranya seperti Procesor (CPU) berarsitektur Zen 2, pengolah Grafis GPU AMD RDNA 2, serta RAM 16GB. Hanya saja, jumlah inti core CPU Konsol ini hanya empat buah.

Untuk menyimpang game konsol teranyar ini dibekali dengan tiga opsi media penyimpang, Yaitu 64GB EMMC, 256GB NVMe SSD, dan 512 GB High Speed NVMe SSD).

Selain layar 7 inci, game yang dimainkan di konsol ini bisa ditampilkan di TV melalui aksesories Dock terpisah atau kabel. Menurut keterangan di situs Valve, Steam Deck bakal tersedia mulai Desember 2021, di Amerika Serikat, Kanada, Inggris,d an sejumlah wilayah Eropa Lainnya dengan banderol termurah 400 dollar AS ( sekitar Rp 5,8 juta).