Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Singgung soal Indra Kenz, Komisi III Minta Laporan Korban Binomo Diutamakan

BeritaIndo – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menyebut Binomo merupakan pedoman Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang telah menyatakan binary option seperti Binomo ilegal.

”Kita mesti tunduk pada apa yang telah menjadi pegangan Bappebti bahwa binary option merupakan platform transaksi perdagangan berjangka ilegal,” Kata Pangeran Khairul Saleh kepada wartawan, Selasa (8/2/2022).

”Karena binary option telah dinyatakan sebagai kegiatan judi daring berkedong trading di bidang perdaangan berjangka, maka siapapun tidak boleh menolak pedoman dari Bappebti tersebut di atas dengan menyatakan sebaliknya,” lanjut dia.

Pangeran mendorong polisi memprioritaskan laporan korban Binomo. Dia menyebut nasib para korban Binomo merupakan hal utama yang harus dibela.

”Pihak kepolisian wajib meletakkan ribuan korban dari platform transaksi investasi bodong ala binary option ini sebagai prioritas utama yang mesti dibela, termasuk Maru Nazara yang menjadi korban platform transaksi investasi binary option Binomo ini,” ujar Pangeran.

Politikus PAN itu mendorong pihak kepolisian mengusut tuntas transaksi investasi Binomo yang diduga telah merugikan ribuan nasabah. Dia menyebut nominal kerugia para korban hingga miliaran.

”Pihak kepolisian wajib usut tuntas operasional transaksi investasi Binomo ini yang disebutkan oleh maru Nazara telah merugikan sekitar 5.000 orang nasabah. Apalagi disebutkan kerugian dari para nasabah ini berkisar dari puluhan juta sampai miliaran rupiah,” katanya.

Selain itu, dia juga menyinggung soal laporan Indra kenz terhadap salah satu pihak yang menjadi korban Binomo. Dia mengaku yakin polisi bakal bersikap adil.

”Saya percaya pihak kepolisian akan menangani laporan pencemaran nama baik oleh Indra Kenz terhadap Maru Nazara ini dengan fair dan vermant. Apalagi Maru Nazara itu sendiri adalah korban dan opsi binery Binomo yang sebelumya infonya dipromosikan oleh Indra Kesuma sebagai legal alias bukan judi,” tuturnya.

”Iya, kita baru saja ini dari SPKT Bareskrim Mabes Polri. Kita baru saja membuat laporan polisi terkait dengan binary option. Ini khususnya aplikasi Binomo kita disini sebagai penasihat hukum para korban,” Kata pengacara korban, Finsensius Mendrofa, kepada wartawan di Bareskrim Polri, Kamis (3/2).

Laporan ini teregister dengan nomor STTL/29/II/2022/BARESKRIM tertanggal 3 Februari 2022. Finsensius menyebutkan sejumlah pasal yang dilaporkannya.

”kerugiannya, kalau untuk koordinatornya sendiri Pak Maru Nazara itu Rp 550 juta. Kalau dihitung semua yang baru saja ikut tadi delapan orang ini, hanya delapan orang tapi yang masuk dalam database kami sudah ratusan ini menuju ribuan korban, tapi disini yang datang di Bareskrim total kerugian delapan orang ini Rp 2,467 miliar lebih sedikit,” paparnya.

Belakangan, nama influencer Indra Kenz disebut-sebut dalam kasus ini. Indra yang mempromosikan Binomo disebut telah mempromosikan judi. Indra Kenz pun tak terima dan melapor ke Polda Metro Jaya.

Semau orang bisa menggunakan Binomo, untuk maupun rugi tanggung jawab masing-masing. Tapi kan nama saya dirugikan disini karena dianggap mempromosikan sesuatu yang berbau judi, padahal binary option tidak masuk katergori 303 sebenarnya bukan judi, cuma kan isu-isu yang beredar saya ini mempromosikan judi, itu kan tidak benar,” Ujar Indra Kenz di Polda Metro Jaya, Senin (7/2).

”jadi sebenarnya gini, afiliator yang dimaksud itu seperti apa? Karena sebenarnya semua orang bisa jadi user, semua orang punya link referral dalam artian punya link afiliasi bisa jadi siapapun mendaftar bisa jadi afiliator),” jawabnya.

Indra Kenz pun melaporkan atas tuduhan ini ke Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan. ”Pelapor malporkan terlapor atas tayangan di Youtube ” Panggung Inspirasi Official yang menayangkan terlapor memberikan pernyataan yang intinya menyebut pelapor bagian dari afiliator dan juga menyebut pelapor penipu,” sambungnya.