Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Siapa Alina Kabaeva yang Diduga Pacar Putin dan Diincar Sanksi Barat?

BeritaIndo – Rusia telah dihujani sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kini Uni Eropa juga mengincar Alina Kabaeva, seorang politisi, bos media, mantan pesenam Olimpiade, dan jika rumor itu benar – kekasih sekaligus ibu dari beberapa anak Presiden Vladimir Putin.

Sejak perang Ukraina, UE dan negara-negara Barat menjatuhkan serangkaian sanksi ekonomi dan keuangan untuk menghukum mereka yang sangat dekat dengan Putin – seperti para oligarki, politisi, dan pejabat lain, yang selama ini dianggap mendapat manfaat dari kedekatan mereka dengan Presiden Rusia itu.

Bulan lalu, AS dan Inggris memberlakukan sanksi terhadap Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova, 35. mereka adalah anak-anak Putin dari mantan Istrinya, Lyudmila.

Kabaeva dikabarkan telah meninggalkan Rusia, meskipun keberadaannya sudah diketahui. Namun dia kemungkinan telah merasa sudah diincar sebuah petisi online pada Bulan Maret menuntut dia diusir dari kediamannya di Swiss.

Dia turut diincar sanksi karena perannya dalam menyebarkan propaganda Kremlin dan karena berhubungan erat dengan Putin yang berusia 69 tahun. Draf dokumen itu tidak menyebutkan Kabaeva sebagai Pasangan Putin, dan UE belum secara resmi menandatangani proposal tersebut.

Pemimpin Rusia itu selama ini sangat tertutup. Ketika ditanya tentang kehidupan pribadinya, dia cenderung mengabaikan pertanyaan seperti itu, dan dia pun pernah secara eksplisit menyangkal hubungannya dengan Kabaeva.

Dipuncak kariernya sebagai atlet, Kabaeva diklaim termasuk pesenam terbaik di dunia. Kabaeva memiliki gerakan khas dalam senam ritmik yang akhirnya disebut sesuai dengan namanya dan merupakan pesenam terkemuka Rusia yang mendominasi cabang olahraga itu.

Kremlin membantah laporan-laporan tersebut. Kembali pada 2015, seorang juru bicara Putin mengatakan informasi soal kelahiran seorang bayi dan Vladimir Putin adalah tidak benar.

Ini sejalan dengan sifat Putin yang tertutup di depan umum, dia tidak pernah menyebut nama anak-anaknya dari Lyudmila, selain mengatakan dia memiliki dua anak perempuan yang sudah dewasa – sehingga spekulasi terus berlanjut.

Kabaeva langsung menjadi sorota media sejak muncul laporan hubungannya dengan Putin. Sebuah sampul majalah Vogue pada tahun 2011 menunjukkan dia mengenakan gaun emas mahal dari sebuah rumah mode Prancis, Balmain. Dia juga menjadi pembawa obor di Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi.