October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Setelah China Gelar Latihan Militer, Kapal Perang AS Transit di Selat Taiwan

BeritaIndo – Satu unit kepal perang AS dan satu unit kapal penjaga pantai AS berlayar dan transit melalui Selat Taiwan Pada Jumat (27/8/2021).

Pelayaran tersebut dilakukan setelah China menggelar latiihan militer yang melibatkan kapal perang dan jet tempur di barat daya dan tenggara Taiwan.

Angkatan Laut AS mengatakan, kedua kapal tersebut masing-masing adalah USS Kidd dan USCGC Munro sebagaimana dilansir Reuters.

USS Kidd merupakan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke milik angkatan Laut AS sedangkan USCGC Munro adalah kapal milik kelas cutter kepunyaan penjaga pantai AS.

Angkatan Laut AS menambahkan, pelayaran kedua kapal tersebut sesuai dengan hukum internasional karena melalui perairan internasional.

”Kapal transit secara sah melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” Ujar Angkatan Laut AS. Militer AS terbang, berlayar dan beroperasi dimana pun yang diizinkan oleh hukum internasional,” sambung Angkatan Laut AS.

Reuters mewartakan, Angkatan Laus AS kerap melakukan operasi semacam itu seetiap bulan atau lebih. Operasi tersebut sering membuat China Marah karena ”Negeri Panda” Menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya.

Disisi lain, seperti kebanyakan negara, Washington Tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taipei. Namun, AS merupakan pendukung kuat Taiwan dan penjual senjata utama ke negara pulau itu.

Sementara itu, sejumlah media yang dikendalikan China memanfaatkan kekacauan yang ditimbulkan penarikan Pasukan AS dari Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir.

media-media tersebut menggambarkan situasi di Afghanistan bisa saja terjadi terhadap sekutu-sekutu Washington, terutama Taiwan. Namun, pemerintahan Presiden As Joe Biden dengan cepat membantah tudingan tersebut serta menegaskan komitmen Washington terhadap Indo-Pasifik.

Wakil Presiden AS Kamala Harris juga melakukan Safari di Asia Tenggara untuk memperkuat Komitmen AS di kawasan tersebut dengan mengunjungi SIngapura dan Vietnam pada Pekan ini.