Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Rusia : Nyaris 2.000 Tnetara Bayaran Asing Tewas di Ukraina!

BeritaIndo – Otoritas Rusia menyebutkan bahwa nyaris 2.000 tentara bayaran asing tewas dalam pertempuran di wilayah Ukraina, sejak invasi dilancarkan Moskow pada akhir Februari lalu. Disebutkan juga oleh Rusia bahwa jumlah tentara asing di Ukraina berkurang dan banyak yang meninggalkan negara itu.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya pada Jumat (17/6) mengklaim bahwa sekitar 6.959 tentara bayaran dan spesialis senjata dari 64 negara telah tiba di Ukraina sejak apa yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus diluncurkan.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia juga menungkapkan bahwa Polandia menjadi pemimpin multak di antara negara-negara Eropa lainnya untuk jumlah petempur asing yang dikirimkan ke Ukraina. Polandian, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, disusul oleh Rumania dan Inggris.

Selain negara-negara itu, Kementerian Pertahanan Rusia juga menyebut adanya tentara bayaran dari Kanada, Amerika Serikat (AS) dan Georgia. Masih menurut Kementerian Pertahanan Rusia, jumlah petempur atau tentara bayaran asing di Ukraina semakin menurun dan banyak yang meninggalkan Ukraina dengan meningkatnya kegagalan militer dari rezim kiev dan kerugian harian secara besar-besaran dalam jumlah pasukan dan peralatan.

Pada April lalu, seorang pejabat Eropa menyebut hingga 20.000 tentara bayaran dari perusahaan militer swasta Rusia, Wagner Group, juga dari Suriah dan Libya ikut bertempur dengan pasukan Moskow dalam invasi di Ukraina.

Awal bulan ini, otoritas separatis pro-Rusia di wilayah Ukraina bagian timur menjatuhkan bonis mati terhadap dua petempur asing asal Inggris, Aiden Aslin dan Shaun Pinner, dan seorang petempur asing lainnya asal Maroko, Brahim Saadun.

Ketiganya divonis bersalah karena bertindak sebagai tentara bayaran dan berupaya menggulingkan pemerintah separatis Pro-Rusia.