Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Rusia Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Ukraina Di Kharkiv

BeritaIndo – Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pasukannya telah menembak jatuh sebuah jet tempur Ukraina jenus Su-25 di Kharkiv, Kota terbesar kedua di Ukraina. Pasukan Rusia juga diklaim telah menghancurkan tiga helikopter Mi-8 di sebuah pangkalan udara setempat.

Perwakilan resmi Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengumumkan bahwa sistem pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh jet tempur Ukraina di area Novaya Dmitrovka, Kharkiv.

Dalam pernyataannya, Konashenkov menyebut Pasukan Udara Rusia telah mengenai 66 fasilitas militer di Ukraina dalam semalam, yang mencakup tiga gudang yang digunakan untuk menyimpan roket dan artileri, juga 58 area konsentrasi pasukan dan peralatan Militer Ukraina.

”Penerbangan operasional taktis dan tentara Pasukan Udara Rusia mengenai 66 fasilitas militer Ukraina sepanjang malam, termasuk tiga pos komando, 58 area konsentrasi pasukan dan peralatan militer Ukraina, juga tiga gudang dengan roket dan senjata artileri,” sebut Konashenkov.

Konashenkov, dalam pernyataanya juga mengklaim bahwa sejak awal operasi di Ukraina, Angkatan Bersenjata Rusia telah menghancurkan total 141 pesawat tempur, 110 helikopter militer, 538 kendaraan udara tanpa awak (UAV), 261 sistem rudal antipesawat, 2.471 unit tank dan kendaraan lapis baja milik militer Ukraina.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan bahwa invasi Rusia ke negaranya hanyalah permulaan saja dan Moskow memliki rencana untuk menginvasi negara-negara lainnya.

Peringatan itu dilontarkan Zelensky setelah seorang jenderal top Rusia, Mayor Jenderal Rustam Minnekayev mengungkapkan rencana Mowkow untuk merebut merebut kendali penuh atas wilayah Ukraina bagian timur dan bagian selatan.