October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Rusia Klaim Presiden Afghanistan Kabur dengan 4 Mobil dan Helikopter

BeritaIndo – Presiden Afghanistan Ahraf Ghani kabur dengan empat mobil dan helikopter yang penuh dengan uang, demikian klaim Rusia.

”Negeri Beruang Merah” melalui kedutaannya di kabul, menyatakan, Ghani terpaksa meninggalkan uang karena sudah tidak muat.

Ghani yang keberadaannya tak diketahui, meninggalkan ibu kota Kabul pada Minggu (15/8/2021) disaat Taliban memasukinya. Dalam pernyataan yang dia unggah di Facebook tak lama kemudian, Ghani menyatakan dia pergi karena ingin mencegah pertumpahan darah.

”Keruntuhan Rezim Afghanistan dengan cara Ghani melarikan diri,” Nikita Ischenko, Juru Bicara Kedutaan Rusia di Kabul.

Ischenko mengklaim Presiden Afghanistan sejak 2014 itu angkat kaki dari Kabul dengan empat mobil yang penuh dengan uang. Ashraf Ghani disebut berusaha memasukkan uang ke dalam helikopter, namun tak muat.

Karena itu, beberapa lembar uangnya tercecer di landasan pacu. Ischenko mengulangi lagi. Utusan khusus Moskwa Zamir Kabulov menerangkan, dia tidak mengetahui berapa banyak harta yang diambil rezim Ghani.

Presiden berusia 72 tahun tersebut berujar Taliban sejak awal sudah berniat menyingkirkannya dengan hendak menyerang Kabul. ”Untuk menghindari terjadinya banjir darah, saya rasa ini langkah yang tepat bagi saya untuk mundur,” Ucapnya.

Beberapa pengguna media sosial menyebut Ghani, yang tidak menungkapkan dimana dia berada, pengecut karena kabur dari Afghanistan

Pemberontak menyatakan, mereka belum mendegar kabar adanya pertempuranlanjutan, dan mengklaim situasinya kondusif. Sumber internal milisi mengungkapkan mereka sudah menguasai 90 persen negara dan diminta menghindari menghancurkan gedung.