October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Qatar Kerja Sama dengan Taliban untuk Buka Kembali Bandara Kabul

BeritaIndo – Pemerintah Qatar tengah bekerja sama dengan Taliban untuk membuka kembali bandara Kabul sesegera mungkin. Demiian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar seraya mendesak Taliban untuk mengizinkan warga Afghanistan pergi.

Bandar Kabul, Tempat evakuasi hiruk-pikuk yang berakhir dengan penarikan pasukan Amerika Serikat pada hari Selasa (31/8) waktu setempat, saat ini tidak beroperasi dengan banyaknya infrastruktur yang rusak atau hancur.

”Kami bekerja sangat keras (dan) kami tetap berharap bahwa kami akan dapat mengoperasikannya sesegera mungkin,” Kata Menul Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani.

”Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan kita akan mendegar kabar baik,” Katanya dalam konferensi pers di Doha, Qatar.

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan tujuannya adalah untuk melanjutkan penerbangan, baik untuk bantuan kemanusiaan dan untuk memberikan kebebasan bergerak, termasuk dimulainya kembali upaya evakuasi.

Lebih dari 123.000 warga negara asing warga Afghanistan telah meninggalkan negara itu dalam operasi evakuasi udara besar-besaran, dan masih banyak lagi yang berharap untuk pergi.

”Sangat penting, bahwa Taliban menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan jalan yang aman dan kebebasan bergerak bagi rakyat Afghanistan,” Kata Sheikh Mohammed.

Hal tersebut disampaikan Sheikh Mohammed pada konferensi pers bersama Menlu Inggris Dominic Raab, yang mengatakan kita perlu menyesuaikan diri dengan realitas baru, Pemerintahan Taliban.

Qatar telah menjadi tuan rumah negosiasi antara Taliban dan Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, dan merupakan titik transit bagi sekitar 43.000 pengungsi dari Afghanistan.