Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Presiden Ukraina Tuduh Rusia Ulangi Kekejaman Nazi

BeritaIndo – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menuduh Rusia sedang berusaha merekonstruksi Nazisme. Pernyataan ini berbanding terbalik dengan klaim Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang berdalih bahwa serangan ke Ukraina merupakan upaya negaranya memerangi ”Nazi”.

Dalam pidator memperingati Perang Dunia II, Zelenksy mengatakan tentara Rusia sedang mereplikasi ”kekejaman” Nazi dalam invasi ke negaranya.

Zelensky diyakini tengah berusaha mengambil hati negara-negara Eropa, termasuk Inggris, Prancis, dan Belanda lewat pidatonya ini. Dia menyamakan pengeboman Nazi di Eropa Barat dengan serangan Rusia ke wilayah urban di Ukraina.

Rekaman video menunjukkan Zelensky berdiri di depan bangunan permukiman yang hancur. ”kejahatan telah kembali, dengan seragam yang berbeda, slogan yang berbeda, tetapi tujuannya sama,” ujarnya.

Ketika Ukraina diinvasi oleh Rusia pada akhir Februari lalu, para pejabat Moskow bersikeras operasi mereka merupakan bagian dari upaya ”mendenazifikasi” negara tersebut.

Setelah pertemuan itu, para pemimpin menjanjikan dukungan berkelanjutan mereka kepada Ukraina dan tekad mereka untuk perlahan-lahan menyetop pasokan minyak dari Rusia. Rusia menerima jutaan dolar setiap hari untuk energi. dan pembayaran itu membantu mendanai upaya prang Rusia.

Sejak Invasi Rusia di mulai pada 24 Februari lalu, Komisi Tinggi untuk Hak Asasi Manusia PBB mencatat setidaknya terdapat 2.345 kematian di kalangan warga sipil. Laporan yang terbit April lalu itu juga menyebut 2.919 warga mengalami luka-luka.

Lebih dari 12 juta orang yang diperkirakan telah mengungsi dari rumah merkea di Ukraina sejak konflik dimulai. Sekitar 5,7 juta penduduk diyakini pergi ke negara-negara tetangga dan sementara 6,5 juta orang lainnya diperkirakan mengungsi di dalam negeri.