Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Presiden Ukraina soal mayat-mayat di Bucha : Ini Genosida!

BeritaIndo – Presiden Ukraina Bolodymyr Zelensky bicara soal gambar mayat-mayat sipil berserakan di jalan-jaan Bucha, barat laut ibu kota Kiev, yang muncul usai penarikan pasukan Rusia dari daerah itu. Dia menyebutkan sebagai genosida.

Ketika ditanya saat tampil di program Face The Nation Jika Rusia melakukan genosida di Ukraina, Zelensky menjawab : ”Memang, ini Genosida”

”Penghapusan seluruh bangsa dan orang-orang. Kami adalah warga Ukraina. Kami memiliki lebih dari 100 kebangsaan. Ini tentang penghancuran dan pemusnahan semua kebangsaan ini,” ujarnya.

Dia mengatkan, Ukraina tidak ingin ditundukkan oleh kebijakan Federasi Rusia. Menurutnya, hal itu menjadi alasan mengapa kami dihancurkan dan dimusnahkan.

Dugaan kekejaman di Bucha telah memicu kemarahan internasional, dengan para pemimpin barat menyerukan penyelidikan kejahatan perang dan sanksi baru terhadap Rusia.

Sebelumnya, Ukraina mengklaim berhasil merebut kembali seluruh daerah di sekitar Kiev. Kobrna tewas dalam pertempuran dengan pasukan Rusia disebut masih ada yang bergelimpangan di jalan-jalan kota.

Wali Kota Bucha mengatakan sekitar 300 penduduknya tewas dalam serangan yang dilancarkan tentara Rusia ke wilayahnya dalam sebulan terakhir. Para korban yang tewas dimakamkan di sbeuah kuburan massal, namun masih ada uga yang tergeletak di jalan-jalan kota.

Pada Sabtu (24) lalu pejabat Ukraina menyatakan pihaknya telah merebut kembali lebih dari 30 kota dan desa disekitar Kiev. Pasukan Ukraina kini memegang kendali penuh atas wilayah tersebut sejak Rusia melancarkan inbasi pada 24 Februari.

Wali Kota Bucha, Anatoliy Fedoruk, mengatakan lebih dari 300 warganya telah tewas. Di Bucha, jurnalis Reuters melihat mayat tergeletak di jalan-jalan. Ada pula tangan-tangan dan kaki-kaki korban yang menyembul dari kuburan massal.