Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Presiden Ukraina Siap Dialog Lagi dengan Rusia Untuk Akhiri Perang

BeritaIndo – Ukraina siap untuk melanjutkan dialog mengakhiri perang dengan Rusia, setelah sebelumnya terhenti karena kekejaman yang terjadi di Bucha dan Daerah lain dekat Kyiv. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan pihaknya siap untuk bernegosiasi demi menghentikan perang.

”Ukraina selalu mengatakan siap untuk negosiasi dan mencari cara untuk menghentikan perang ini,” Ujar Zelensky dalam jumpa pers. (9/4/2022).

Zelensky menyinggung laporan mengenai Rusia yang akan menyerang bagian timur Ukraina. Zelensky mengatakan bakal tetap bersiap untuk menghadapi pertempuran dengan Rusia.

”Sayangnya, secara paralel kita melihat persiapan untuk pertempuran penting, Kami siap berjuang dan melihat secara paralel untuk mengakhiri perang ini melalui diplomasi,” imbuh Zelensky.

Sebelumnya, otoritas Turki menyebut Rusia dan Ukraina masih bersedia untuk melanjutkan perundingan damai, meskipun sempat saling tuduh soal pembunuhan massal di kota-kota Ukraina, termasuk Bucha. Namun ada sejumlah isu yang tertunda dalam pembicaraan kedua negara yang berkonflik itu.

Disebutkan pejabat Turki itu, belum ada tanggal pasti untuk perundingan damai babak selanjutnya antara Rusia dan Ukraina. Turki, yang menjadi tuan rumah perundingan damai Rusia-Ukraina yang digelar pekan lalu, telah menempatkan diri sebagai mediator untuk mengakhiri konflik.

”Kami menjadi satu-satunya negara yang bisa berbicara kedua pihak, satu-satunya negara yang bisa berbicara dengan Rusia,” Tegas pejabat Turki itu.