November 29, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Presiden Ceko Dinyatakan Tidak Dapat Melakukan Tugas Karena Alasan Kesehatan

BeritaIndo – Masalah kesehatan menghalangi Presiden Ceko Milos Zeman menjalankan tugasnya, kata seorang pejabat pada Senin ( 18/10/2021). Ketua Senat Ceko, Milos Vystrcil, mengatakan surat yang diterimanya dari rumah sakit militer Praha, tempat Zeman dirawat, menyatakan presiden berusia 77 tahun itu tidak dapat bekerja.

Menurut surat yang ditandatangani oleh direktur rumah sakit, Miroslav Zavoral, Zeman tidak dapat melakukan tugas kerja apapun karena alasan kesehatan dan prognosis jangka panjangnya,” sangat tidak pasti,”

Zeman dilarikan ke rumah sakit militer ibukota Ceko pada 10 Oktober, sehari setelah pemilihan majelis rendah parlemen. Rumah sakit sebelumnya mengatakan Zeman berada di unit perawatan intensif dalam kondisi stabil rincian lebih lanjut tentang situasi kesehatannya saat ini tidak diketahui.

Istri Zeman mengatakan pekan lalu bahwa presiden Ceko perlu waktu untuk memulihkan diri, di tegah ketidak pastian apakah kondisinya akan berdampak pada upayauntuk membentuk pemerintahan baru.

Zeman adalah perokok berat dan peminum yang menderita diabetes. Dia mengalami kesulitan berjalan dan telah menggunakan kursi roda. Sebagai Presiden, Zeman memiliki peran kunci dalam membentuk pemerintahan baru. Meskipun kantornya sebagian besar seremonial, presiden Ceko bertanggung jawab untuk menunjuk seorang pemimpin partai untuk mencoba membentuk pemerintahan setelah pemilihan parlemen.

Parlemen baru akan bertemu pertama kali pada 8 November untuk memilih pembicara dan pejabat lainnya. Setelah itu, pemerintahan Perdana Menteri Ceko Andrej Babis harus mengundurkan diri.

Vystrcil mengatakan perwakilan Senat akan bertemu dengan para pemimpin partai yang terpilih di Majelis rendah pada hari Selasa untuk membahas transfer sementara kekuasaan presiden.

Kehadiran mayoritas anggota parlemen di kedua majelis diperlukan untuk memungkinkan transfer kekuasaan terjadi. Meski begitu, Zeman akan tetap menjadi presiden.

Karena kurangnya informasi tentang presiden, Vystrcil mendekat rumah sakit untuk mencari informasi prognosis Zeman setelah kantor kepresidenan gagal melakukannya.

Jiri Ovcacek, juru bicara presiden, sebelumnya mengatakan keberadaan Zeman di rumah sakit saat ini tidak mengancam negosiasi pasca pemilihan negara dan tugas konstitusionalnya.

Zeman sebelumnya dirawat di rumah sakit pada 14 September untuk apa yang kemudian digambarkan oleh kantor kepresidenan sebagai pemeriksaan yang direncanakan. Presiden Ceko saat itu hanya mengalami dehidrasi dan sedikit kelelahan.

Zeman dipulangkan setelah delapan hari. Dia menghabiskan empat hari di rumah sakit yang sama pada 2019 karena alasan yang sama. Koalisi tiga partai liberal-konservatif bernama Together memenangkan 27,8 persen suara pada Sabtu (16/10/2021). Hasil itu mengalahkan partai babis yang memenangkan 27,1 persen. Koalisi liberal kiri-tengah menerima 15,6 persen diposisi ketiga.

ANO Babis memenangkan 72 kursi, enam kursi lebih sedikit daripada yang diraih pada pemilu 2017. Dia mengatakan dia siap menjadi oposisi meksipun ada tawaran Zeman untuk mencoba membentuk pemerintahan. Keduanya adalah sekutu dekat.