Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Prediksi AS : Rusia Akan Caplok Donetsk dan Luhansk di Ukraina dalam Waktu Dekat

BeritaIndo – Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) pada Senin (2/5/2022) memprediksi, Rusia berencana mencaplok dua wilayah timur Ukraina dalam waktu dekat setelah gagal menggulingkan Pemerintah Kyiv.

”Menurut laporan terbaru, kami yakin bahwa Rusia akan mencoba mencaplok Republik Rakyat Donetsk, dan Republik Rakyat Luhansk ke Rusia,” kata Michael Carpenter Duta Besar AS untuk Organization for Security and Co-operation in Europe (OSCE).

”Laporan menyatakan bahwa Rusia berencana merekayasa referendum jelang penyatuannya sekitar pertengahan Mei,” katanya kepada wartawan di Washington.

Carpenter mengatakan, Amerika Serikat juga percaya Rusia sedang mempertimbangkan rencana serupa di wilayah ketiga yaitu Kherson, lokasi Moskwa baru-bar ini memperkuat kendalinya dan memberlakukan penggunaan mata uang rubelnya.

”Kami pikir laporan itu sangat kredibel. Sayangnya, kami lebih sering benar daripada salah dalam mengungkap apa yang kami yakini akan terjadi selanjutnya, dan itu adalah bagian dari apa yang kami coba lakukan disini”

Rusia pada 2014 mengatakan telah mencaplok semenanjung Crimea Ukraina, tetapi tidak melakukan di daerah yang smaa dengan sejumlah besar penutur bahasa Rusia, yang penyebabnya berulang kali disebutkan dalam invasi terkini.

”Referendum palsu seperti itu-suara palsu-tidak akan dianggap sah, juga tidak akan ada upaya untuk mencaplok wilayah Ukraina tambahan. Tapik ita harus bertindak dengan urgensi,” kata Carpenter.