Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Polisi Viral Pungli ke Pelanggar Lalin di Bogor Akui Memeras, Ini Motifnya

BeritaIndo – Bripka SA ditangkap Unit Propam Polresta Bogor Kota karena diduga melanggar prosedur saat menindak pelanggar lalu lintas. SA meminta uang Rp 2,2 juta terhadap pelanggar lain demi keuntungan pribadinya.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan mengatakan SA ditangkap pada Sabtu (23/4/2022) sekitar 18 jam setelah melakukan aksinya. SA dijemout Unit Propam Polresta Bogor Kota di rumahnya di kota Bogor.

”Kemudian langsung dilakukan pmeriksaan dan langsung malam itu juga dilakukan pengamanan, berupa penempatan di ruangan khusus selama 7 hari ke depan, sambil menunggu proses persidangan komisi kode etik Polri,” Kata Ferdy saat dihubungi wartawan, Senin (25/4).

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata Ferdi, SA telah mengakui perbuatannya. SA mengaku nekat meminta sejumlah uang terhadap pelanggar lalin karena untuk kepentingan pribadi.

”Yang bersangkutan juga sudah mengakui perbuatannya, dan motif terperiksa ini melakukan perbuatannya tersebut karena untuk mencari keuntungan pribadi,” ungkap Ferdi.

Dari hasil pemeriksaan dokumen, lanjut Ferdy, terungkap bahwa SA bukan baru kali ini melakukan pelanggaran, Ferdy menyebut SA sudah 3 kali ditahan karena pelanggaran disiplin.

”Kita lihat dari catatan pelanggaran yang selama ini ditangani atau diproses oleh fungsi Propam, setidaknya sudah 3 kali yang bersangkutan ini menjalani proses hukuman disini,” Kata Ferdy.

Karena perbuatannya, Bripka SA kini ditahan hingga 7 hari kedepan sambil menunggu jadwal sidang kode etik yang rencaanya akan digelar pekan depan. Ancaman terberat yang dihadapi SA berupa Pemberhentian dengan Tidak Hormat.