Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Polisi Tembak 4 Pencuri Nyamar Jadi Pegawai PDAM di Medan, 1 Orang Tewas

BeritaIndo – Polrestabes Medan menembak empat pelaku pencurian dengan pemberatan yang menyamar menjadi pegawai PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Satu pelaku tewas.

”Tim Jatanras Presisi Satreskrim Polrestabes Medan telah melakukan penangkapan terhadap 4 orang pelaku pecurian dengan pemberatan yang viral di media sosial,” Kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Muhammad Firdaus kepada Wartawan, Rabu (30/3/2022).

Firdaus mengatakan keempat pelaku yang ditangkap adalah TA (54), DIS (43), EC (43) dan IN (49). Mereka ditangkap setelah adanya laporan dari korban.

Peristiwa pencurian itu diketahui terjadi pada Kamis (24/3) di Jalan Jemadi, Medan Timur. Saat itu, korban sedang mengajar bimbe di dekat rumahnya. Kemudian, datang asisten rumah tangganya meminta korban segera pulang lantaran barang di rumahnya di ambil orang.

Korban pulang dan melihat lemari di kamar tidurnya sudah terbuka. Saat diperiksa ternyata uang sebesar Rp 80 juta dan emasnya pun telah raib. Kerugian korban ditaksir Rp 183 juta lebih sehingga korban melapor ke polisi.

Selanjutnya, pada Senin (28/3), petugas melakukan penyelidikan dan hasilnya petugas mendapatkan identitas serta keberadaan para pelaku yang tengah berada di Kelurahan Pahlawan, Medan Timur.

Setelah itu, petugas membentuk dua tim untuk melakukan pengembangan terhadap para pelaku. Tim pertama membawa pelaku IN, DIZ, Ta. Namun ketiganya melawan petugas sehinga polisi terpaksa menembak kaki para pelaku.

Kemudian, tim keda membawa pelaku EC untuk pengembangan mengumpulkan barang bukti. Pelaku EC tewas setelah mencoba merebut senjata petugas dan melakukan perlawanan.

”Petugas membawa EC untuk mengumpulkan barang bukti dan pada saat itu EC mencoba merebut senjata petugas dan melakukan perlawanan sehingga dengan sigap personel melakukan tindak tegas dan terukur mengenai dada korban,” sebut Firdaus.

Selanjutnya, petugas membawa EC ke RS terdekat, tapi tidak dapat tertolong. Firdaus menyebut para pelaku melakukan pencurian dengan modus pegawai PDAM dan masuk ke rumah mengambil semua barang berharga milik korban. Para pelaku diketahui merupakan residivis. Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP.