October 24, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Polisi Sita 3.800 PS4 yang dipakai untuk Penambangan Ilegal

BeritaIndo – Kepolisian Ukraina ( Security Service of Ukranie/SSU) menyita 3.800 Unit Konsel Playstation 4 yang digunakan untuk aktivitas penambangan (mining) mata uang kripto ilegal di kota Vinntysia, Ukraina.

Ribuan konsol game tersebut disita setelah pihak kepolisian mencurigai adanya pemakaian listrik yang tidak wajar di kota tersebut, tepatnya di bekas gudang salah satu penyedia listrik di Ukraina, tepatnya di bekas gudang salah satu penyedia listrik di Ukraina, Vinnytsiaoblenergo.

Kepolisian lantas menggerebek lokasi tersebut dan menemukan fakta bahwa disana terdapat aktivitas penambangan ilegal. Menurut Keterangan SSU, para penambang ini memanfaatkan jaringan listrik liar milik Vinnytsiaoblenergo dengan begitu mereka tidak perlu membayar tagihan listrik.

Kegiatan seperti ini, menurut aturan yang berlaku di Ukrania, termasuk ilegal dan melanggar hukum. Sekedar informasi, PS4 konon juga bisa digunakan untuk menambang mata uang kripto, meski performanya tidak sehebat kartu grafis (GPU) muimpuni.

Namun, apabila jumlahnya ribuan, bukan tidak mungkin miner mendulang keuntungan dari kripto menggunakan PS4. Selain PS4, kepolisian juga menyita 50 unit prosesor (CPU), lebih dari 500 Unit kartu grafis (GPU), sejumlah perangkat elektronik mencakup laptop, smartphone dan penambangan flash disk.

Terlepas dari itu, ini merupakan kedua kalinya kepolisian berhasil menyidak kegiatan penambangan kripto ilegal di Ukraina. Sebelumnya, kepolisian sempat menggerebek dan menutup kegiatan mining yang skalanya lebih kecil disuatu wilayah  kota Chernihiv