Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Polisi Panggil Ketua Klub Roller Skate soal Aksi Rombongan di Gatsu

BeritaIndo – Ditlantas Polda Metro Jaya memanggil klub roller skate terkait viral peletonan skating di jalan raya Ibu Kota. Polisi akan memberikan edukasi dan imbauan kepada para skater agar tidak mengulang kejadian serupa.

”Kita akan menelusuri dan menyelidiki lebih lanjut serta akan memanggil ketua/penanggung jawab klub roller skate serta akan kita berikan imbauan edukatif agar tidak dilakukan kegiatan yang sama,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam dalam keterangan kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Lebih lanjut Jamal mengimbau para skater untuk beraktivitas di tempat yang sesuai peruntukannya, seperti di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA). Atau di kawasan tertentu pada saat car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor (HBKB).

”Agar pemain roller skate diimbau untuk bermain/beraktivitas olahraga roller skate di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukannya, seperti Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di kawasan Sunter, Jakarta Utara, atau sejumlah tempat lainnya yang sifatnya berupa jalan lokal dalam kawasan-kawasan khusus yang bukan jalan raya pada umumnya,” ungkapnya.

”Pada waktu-waktu tertentu seperti saat HBKB/Hari Bebas Kendaraan bermotor di lokasi-lokasi atau kawasan-kawasan tertentu yang disediakan,” sambungnya.

Seperti diketahui, rombongan pesepatu roda yang meluncur di jalanan Ibu Kota, viral di media sosial. Para pesepatu roda skating ditengah jalan yang sarat kendaraan bermotor.

Ketua Persastuan Olahraga Sepatu ROda Indonesia (Porserosi) Provinsi DKI Jakarta Muhammad Ical Sal secara terbuka meminta maaf. Tak cuma kepada warga DKI Jakarta, Ical juga meminta maaf kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

”Saya selaku Ketua Porserosi DKI Jakarta secara terbuka minta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pengguna jalan di Jakarta, khusus pengguna jalan di Minggu pagi ini. Kalau memang aktivitas para atlet sepatu roda Minggu pagi tadi di Kawasan Gatot Soebroto sudah mengganggu kenyamanan, keamanan para pengguna jalan, sekali lagi saya mohon maaf,” tutur Ical.

”Mereka terlalu lama libur latihan selama puasa. Kemudian tempat latihan di Jirta sudah ditutup sejak 26 April dan baru akan dibuka pada 9 Mei nanti. Para Atlet erasa terlalu lama buang waktu sehingga kami sepakat mereka pun melakukan latihan di jalan raya. Tujuannya benar-benar untuk tes fisik dan kemampuan akrena waktu gelaran Kejurnas PIN sudah sangat dekat pada Juni nanti,” sambungnya.

Ical pun menegaskan 12 atlet tersebut bersepatu roda di jalan raya bukan untuk gagah-gagahan, melainkan latihan. Jika memang hal itu mengganggu, Ical dengan lapang dada mengaku pihaknya salah.

”Mereka benar-benar berlatih untuk memacu fisik demi Merah Putih di medan laga nanti di Asian Games 2022. Ini baru kelar libur Lebaran jadi anak-anak ingin tetap menjaga fisik dan stamina agar tak kendor. Tempat latihan mereka masih ditutup, sehingga tak ada jalan lain kecuali berpacu di jalan raya. Sekali lagi, untuk itu saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak,” tutupnya.