Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Pertama Kalinya Biden Tuding Rusia Lakukan Genosida Di Ukraina

BeritaIndo – Untuk pertama kalinya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggunakan istilah genosida terkait invasi Rusia ke Ukraina. Biden menuduh pasukan militer Rusia di bawah Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan genosida di Ukraina.

Biden Pertama kali melontarkan tuduhan pada Putin saat berpidato soal melonjaknya harga bensin pada Selasa (12/4). Dia menyebut kemampuan warga Amerika memenuhi tangki mereka tidak seharusnya bergantung pada apakah seorang diktator menyatakan perang dan melakukan genosida di belahan dunia lainnya.

Pemerintahan Biden berusaha menyalahkan kenaikan tajam harga bahan bakar di AS terhadap invasi Putin ke Ukraina. Bide mengatakan istilah tersebut berasal dari dirinya. Menurutnya semakin jelas bahwa Putin berusaha menghapus bahkan gagasan untuk menjadi seorang warga Ukraina.

”Iya, saya menyebutnya genosida,” Tegas Biden kepada wartawan yang mendampinginya dalam kunjungan ke lowa, saat ditanyai soal penggunaan istilah itu dalam pidato pada Selasa (12/4) waktu setempat. (13/4/2022).

”Itu menjadi lebih jelas dan semakin jelas bahwa Putin berusaha menghapus bahkan gagasan untuk bisa menjadi seorang warga Ukraina,” Ujar Biden.

Namun Biden juga menyatakan bahwa akhirnya akan tergantung pada pengadilan menetapkan apakah tindakan Rusia terhadap Ukraina di mana Rusia dituduh melakukan kekejaman terhadap warga sipil merupakan Genosida.

”Kita akan membiarkan pengacara-pengacara untuk memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tapi tampaknya seperti itu bagi saya,” ucapnya.

Biden mengatakan berbagai bukti semakin banyak bermunculan, Bukti-bukti ini berkaitan dengan hal mengerikan yang telah dilakukan Rusia di Ukraina. Ukraina menuduh Rusia melakukan kejahatan perang sebelum terjadi temuan mengerikan ratusan mayat sipil bergelimpangan di kota Bucha, yang memicu kecaman global. Biden menyebut Putin sebagai penjahat perang dalam komentarnya dan menyerukan agar Putin diadili terkait dugaan kekejaman di Ukraina.

Namun AS tidak menggunakan istilah genosida yang sesuai dengan protokolnya sejak lama, karena definisi hukumnya yang ketat dan beratnya implikasi yang dipicu tuduhan itu. Sebelumnya saat ditanya wartawan soal pakah pembunuhan di Bucha, Ukraina merupakan genosida, Biden menjawab : ”Tidak, saya pikir itu kejatan perang,” .

Genosida yang dianggap sebagai pelanggaran internasional paling serius, pertama digunakan untuk menyebut Holocaust Nazi. Genosida ditetapkan sebagai kejahatan dibawah hukum internasional tahun 1948 silam dalam konvensi PBB.