Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Pentagon Soal Rusia Kurangi Aktivitas Militer : Bukan Di Tarik Mundur

BeritaIndo – Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menepis pengumuman Rusia soal pengurangan aktivitas militer di sekitar Kiev, ibu Kota Ukraina. Menurut Pentagon, Rusia tidak berniat menarik pasukannya, tapi hanya memposisikan ulang sejumlah kecil pasukannya di dekat Kiev.

Pentagon juga menyebut Rusia mungkin bersiap melancarkan serangan Pentagon juga menyebut Rusia mungkin bersiap melancarkan serangan besar di area-area lainnya di Ukraina.

”Kamai melihat sejumlah kecil sekarang yang tampaknya bergerak menjauh dari Kiev, ini terjadi pada hari yang sama ketika Rusia mengatakan mereka menarik diri,” Ujar Juru Bicara Pentagon, John Kirby.

Pernyataan Kirby itu disampaikan beberapa jam setelah Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Alexander Formin, mengumumkan Rusia akan mengurangi aktivitas militer secara drastis di sekitar Kiev dan Chenihiv, setelah kemajuan tercapai dalam perundingan damai di Istanbul, Turki.

”Apa yang bisa saya katakan kepada Anda adalah bahwa sebagian besar pasukan yang kita lihat melawan Kiev masih ada disana. Kita hanya melihat sejumlah kecil yang mulai bergerak menjauh dari Kiev, kebanyakan ke arah utara,” Ungkap Kirby merujuk pada pasukan Rusia di Ukraina.

”kami tidak siap untuk menyebut ini mundur atau bahkan penarikan pasukan. Kami berpikir apa yang mungkin mereka pikirkan adalah memposisikan ulang untuk memprioritaskan lokasi lainnya,” tegas Kirby.

Secara terpisah, Staf Jenderal Angkatan Bersenjata Ukraina menyebut pengumuman pengurangan aktivitas militer dan penarikan pasukan oleh Rusia itu dirancang untuk menyesatkan. Militer Ukraina meyakini menyesatkan kepemimpinan militer Ukraina dan menciptakan kesalahpahaman soal makna pengerah mereka.