Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Pentagon Pastikan Kapal Perang Rusia Tenggelam Akibat 2 Rudal Ukraina

BeritaIndo – Pentagon membantah klaim Rusia yang menyebut kapak perangnya tenggelam akibat ledakan amunisi. Pentagon meyakini kapal perang Rusia tersebut tenggelam usai terkena 2 rudal Neptunus Ukraina.

Serangan 2 rudal Rusia itu merupakan pukulan besar bagi Rusia. Pejabat Pentagon yang enggan disebut namanya mengkonfirmasi laporan Kiev tentang insiden tenggelamnya kapak Rusia tersebut, yang diklaim Rusia akibat amunisi yang meledak di Kapal.

”kami menilai bahwa mereka menghantamnya dengan dua Neptunus,” kata pejabat itu, mengacu pada rudal jelajah anti-kapal Ukraina.

Dia mengatakan serangan itu diyakini telah menyebabkan korban. Tapi, dia tak bisa memastikan berapa jumlah korban. Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat telah mengamati orang-orang yang selamat ditemukan oleh kapal-kapal Rusia lainnya di daerah itu  Rusia mengatakan awak Moskva dievakuasi ke kapal terdekat.

Kapak itu tenggelam pada Kamis (13/4), setelah ledakan dan kebakaran yang diklaim Ukraina disebabkan oleh serangan rudal sementara Rusia mengatakan kerusakan yang disebabkan oleh amunisi yang meledak telah menyebabkan yang disebabkan oleh amunisi yang meledak telah menghilang keseimbangan saat sedang ditarik ke pelabuhan.

Sebelumnya Rusia membantah kapal perangnya meledak akibat rudal Ukraina. Rusia menyebut hal ini disebabkan oleh ledakan amunisi imbas kebakaran yang terlebih dulu melanda kapak perang Moskva jenis missile cruiser tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya seperti dikutip kantor berita Rusia, Interfax, menyebut insiden kapal perang Moskva itu terjadi setelah amunisi yang ada di kapal meledak.

Insiden ini menjadi kemunduran militer terbaru bagi Rusia, yang telah mengalami rentetan kerugian sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu dalam apa yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus.