October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Penjaga Sekolah Jadi Tersangka Pencurian Tablet Mini SMPN 1 Semanding Tuban, 8 Kali Beraksi

BeritaIndo – Penjaga Sekolah Eko Nugroho Andiyanto (30) ditetapkan sebagai tersangka pencurian ratusan tablet di SMP Negeri 1 Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Eko ditangkap petugas kepolisian di rumahnya di Dusun Krajan, Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Tuban, pada Jumat (3/9/2021).

Kapolres Tuban, AKBP Darman mengatakan, Eko merupakan pegawai honorer yang bertugas sebagai penjaga keamanan di SMP Negeri 1 Semanding. Aksi pelaku berlangsung saat proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah sedang libur akibat pandemi Covid-19.

Pelaku melancarkan aksinya seorang diri saat piket jaga malam di sekolahan tersebut. Pelaku yang dipercaya pihak sekolah memegang kunci sejumlah pintu ruangan dengan leluasa mengambil tablet milik sekolah.

”Pelaku adalah penjaga sekolah dan membawa kunci ruangan, sehingga mudah mengambil tablet inventaris sekolah itu,” Kata AKBP Darman.

Berdasarkan pengakuannya, Pelaku hanya mengambil 20 unit tablet beserta dusbooknya yang tersimpan di ruangan laboratorium komputer. Aksi pencurian tersebut dilakukan berulang-ulang oleh pelaku sebanyak 8 kali sejak April hingga Juni 2021.

Selanjutnya, hasil curian tersebut dijual oleh pelaku ke salah satu gerai jual beli handphone seharga Rp 800 ribu per unit. Pelaku terpaksa mencuri tablet milik sekolah lantaran terdesak kebutuhan hidup sehari-harinya.

Pelaku yang sudah memiliki seorang anak tersebut mengaku kurang dengan gaji yang diberikan oleh sekolah. AKBP Darman menyebutkan, barang bukti yang dapat diamankan dari tangan tersangka, diantaranya 1 buah gembok dan 2 buah kunci ruang Laboratorium komputer, 1 unit tablet merk samsung galaxy tab tahun 2019.

Petugas juga mengamankan 2 lembar nota penjualan barang bukti tablet serta 16 foto screenshot transaksi dan bukti penjualan tablet merek samsung galaxy tab hasil curian.

Saat ini, pelaku dijadikan tersangka dengan jeratan pasal 363 ayat 1 ke 3e KUHP Jo Pasal 64 KUHP dengan ancaman hukum 7 tahun. Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 1 Semanding, Jajuk Jarijatmi melaporkan peristiwa hilangnya 149 unit tablet merk samsung Galaxy tab ke Polsek.