November 29, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Penipu Berkedok Seleksi Taruna Akpol Ditangkap, Korban Bayar RP 1 Miliar Tapi Tak Lolos

BeritaIndo – Polisi menangkap calo proses seleksi penerimaan taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di Surabaya. Dua korbannya masing-masing mengaku telah menyetor uang lebih dari Rp 1 miliar, namun tetap tidak lolos.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko mengungkapkan, calo bernisial HNA yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut mengaku sebagai staf khusus Dewan Ketahanan Nasional.

”Tersangka juga mengaku banyak kenal pejabat di Mabes Polri,” Katanya.

Selama ini kata Gatot, sudah ada korban yang melapor dengan nilai kerugian masing-masing lebih dari Rp 1 Miliar.. ” Ini masih dikembangkan, kami yakin ada korban lagi,” terangnya.

Kepada Korbannya, HNA menjanjikan mereka masuk ke Akpol melalui jalur khusus karena dia mengaku memiliki banyak kenalan jenderal di Mabes Polri. Namun setelah uang pelicin yang diminta kepada korban diserahkan, korban malah tidak lulus seleksi Akpol.

”Korban menagih terus dan oleh tersangka diberi bilyet giro, namun tidak bisa dicairkan karena ternayta nomor rekening sudah ditutup,” Ucap Gatot.

HNA saat ini ditahan di Mapolda Jatim untuk diperiksa intensif. Dia dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Gatot meminta warga untuk tidak mudah percaya kepada siapapun yang menjanjikan jalur khusus seleksi Taruna Akpol. ”Warga harus mengakses informasi resmi yang dikeluarkan polisi pada setiap kali ada seleksi Taruna Akpol,” Tutup Gatot.