Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Penerbangan Terpanjang di Dunia, 17 Jam Mengudara karena Hindari Rusia

BeritaIndo – Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Ltd. berencana mengubah rute penerbangan New York-Hong Kong. Rute penerbangan baru tersebut akan menghindar wilayah udara Rusia.

menariknya, rute penerbangan baru Cathay Pacific dari New York ke Hongkong tersebut akan menjadi rute penerbangan komersial terpanjang di dunia berdasarkan jarak.

Tapa melalui wilayah udara Rusia, jarak penerbangan New York-Hongkong mencapai 16.618 kilometer atau 10,326 mil dengan waktu tempuh 16 ampai 17 jam.

Cathay Pacific berencana terbang dari Bandara Iternasional John F Kennedy di New York, melintasi Samudra Atlantik, Inggris, Eropa Selatan dan Asia Tengah. Informasi tersebut berdasarkan memo maskapai kepada staf penerbangan Cathay Pasific yang diterima bloomberg.

Meski secara jarak lebih dekat, penerbangan tersebut memakan waktu selama 17 jam 30 menit. Juru Bicara Cathay Pacific mengatakan pesawat jenis Airbus A350-1000 mampu mengoperasika rute tersebut. Pesawat ini sudah biasa menerbangi langit kutub utara dan wilayah udara Rusia.

Sebelum pandemi, maskapai ini mengoperasikan hingga tiga perjalanan pulang pergi setiap harinya, antara Hong Kong dan New York. Maskapai tersebut engurangi sejumlah operasi pesawat akibat pandemi Covid-19 karena berkurangnya jumlah penumpang.

Seperti diketahui, Rusia tengah berperang dengan Ukraina, sehingga banyak maskapai menghindari wilayah udara kedua negara itu. Sebuh saja, Japan Airlines Co.Ltd yang mengubah rute penerbangan dari Bandara Haneda Tokyo ke Heathrow London melalui Alaskan dan Kanada, dari sebelumnya melalui Siberia, Rusia.

Perubahan Rute penerbangan itu menambah waktu perjalanan empat setengah jam menjadi 11 jam 55 menit.

Serupa, Air New Zealand Ltd yang baru saja meluncurkan layanan penerbangan panjang dari Auckland ke New York. Sementara itu, Qantas Airways Ltd. mengumumkan rute penerbangan Melbourne-Dallas.