October 25, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Pencakar Langit 70 Lantai Bergoyang China Larang Proyek Gedung Tinggi

BeritaIndo – China menjadi salah satu negara yang memiliki gedung pencakar langit tertinggi dan terbanyak di dunia. Dari total 10 gedung pencakar langit tertinggi dunia, lima di antaranya ada di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Gedung-gedung pencakar langit di China sekilas menjadi tengara yang menunjukkan sebuah kemajuan dan kemegahan kota. Tak jarang, banyak orang yang takjub dengan gedung-gedung yang menjual di negara tersebut.

Namun demikian, faktanya China tengah menghadapi masalah serius akibat semakin banyaknya gedung pencakar langit yang dibangun. China telah melarang pendirian bangunan tinggi lebih dari 499 meter.

Negara ini juga akan semakin ketat dan membatasi proposal atau rancangan setiap bangunan setinggi lebih dari 249 meter. Dengan kata lain, setiap gedung pencakar langit yang ingin dibangun dengan tinggi mencapai lebih dari 249 meter harus memiliki alasan khusus.

Pedoman tentang aturan batasan ketinggian bangunan pencakar langit tersebut dikeluarkan oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

Selaint itu, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China juga telah meminta kepada para profesional seperti arsitek, pengembang properti, dan perencana kota unutk mengubah model desain rancangan bangunan pencakar langit agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Meski demikian, kebijakan ini tidak berlaku untuk bangunan gedung pencakar langit yang telah dibangun. Adapun alasan dikeluarkan aturan tersebut adalah akrena gedung pencakar langit dinilai sangat berbahaya dan meningkatkan kekhawatiran banyak orang.

Belum lama ini, pada 18 Mei 2021 sebuah pencakar langit di Shenzen setinggi 70 lantai bergoyang dan membuat banyak orang yang berada di sekitarnya berlarian dan berteriak.

Peristiwa itu terjadi kurang dari dua minggu Setelah China mulai memberlakukan aturan baru tentang pembangunan gedung pencakar langit. Direktur Penelitian dan Kepemimpinan Pemikiran dari Dewa Bangunan Tinggi dan Habitat Urban atau Council On Tall Building dan Urbam Habitat.

Maraknya pembangunan gedung tinggi ini terjadi sejak reformasi ekonomi yang diluncurkan pada 1978 Oleh Partai Komunis China. DengXiaoPing yang berkuasa pada saat itu membuka negara China Bagi investasi asing.