November 29, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Pedagang yang Berkali-kali Ditusuk Preman Dijadikan Tersangka Karena Membela Diri

BeritaIndo – BA, seorang pedagang sayur dan buah di Pasar Pringan, Medan, Sumatera Utara, Kaget saat dirinya ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan oleh Polisi sektor Medan Baru.

Untuk diketahui, pada 9 Agustus 2021, BA cekcok engan sejumlah preman yang meminta jatah uang keamanan. BA ditusuk berkali-kali oleh seorang preman yang marah karena korban tak mau memberikan uang. BA mencoba melawan dengan memukulkan kunci dongrak ke arah preman tersebut.

Atas kejadian itu, BA mendapat sejumlah luka di tubuh. Dia kemudian melaporkan kejadian itu ke Polsek Medan Baru. Namun, bukannya mendapat keadilan, BA malah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Ternyata, Preman yang menusuk BA melaporkan balik BA dengan tuduhan penganiayaan. BA semapt menanyakan kepada polisi alasan dirinya ditetapkan sebagai tersangka.

Lagi-lagi Polisi membuat BA kaget.

”Tanggal 30 September saya dapat surat ditetapkan sebagai tersangka, padahal saya korban mencoba membela diri. Alasan Polisi karena saya membela diri karena memukul pelaku. Saya kan membela diri, kalau engga bela diri, bisa mati saya,” Kata BA, Kamis (28/10/2021).

BA heran dengan keputusan polisi tersebut. Padahal, jika tidak membela diri, nyawa BA bisa saja hilang karena tikaman senjata tajam pelaku.

Terkait kejadian itu, Kapolrestabes Medan Kombes RIko Sunarko mengatakan, Baik BA dan Preman berinisial BS ditetapkan sebagai tersangka. Adapun laporan BA terhadap BS sudah P21 dan segera disidangkan. Sedangkan Laporan BS terhadap BA telah di tarik ke Polrestabes Medan.

RIko tak menajwab soal alasan penetapan tersangka terhadap BA. Dia hanya mengatakan, polisi akan melakukan pendalaman.

”Apabila kita tidak menemukan niat jahat dari saudara terlapor atau saudara BA, maka kasus tersebut akan kita hentikan,” Kata Riko, saat menggelar konferensi pers di Mapolres Medan.