October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

PBB Mohon Negara Tetangga Afghanistan Tetap Buka Perbatasan : Biarkan Mereka Melarikan Diri

BeritaIndo – PBB memohon negara-negara tetangga Afghanistan untuk membiarkan perbatasan mereka terbuka sehingga memungkinkan warga Afghanistan melarikan diri dari Taliban.

Badan-Badan PBB memperingatkan meningkatnya bencana kemanusiaan yang berkembang ditengah menyebarnya kelaparan di negara itu.

Permohonan itu muncul ketika ratusan ribu warga Afghanistan meninggalkan rumah mereka di tengah kekhawatiran bahwa Taliban akan kembali memaksakan pemerintahan yang brutal dan represif, menghilangkan hak-hak perempuan, hingga menerapkan hukuman eksekusi pada publik.

Pemerintah Afghanistan secara efektif kehilangan kendali atas sebagian besar Afghanistan ke Taliban, menyusul serangan delapan hari ke pusat-pusat kota oleh kelompok itu, hingga kejatuhan Kabul.

Gambar-gambar sejak Jumat minggu lalu menunjukkan orang-orang Afghanistan yang melarikan diri memasuki negara tetangga Pakistan, setelah negara itu membuka kembali penyeberangan perbatasan Chaman-Spin Boldak untuk orang-orang yang terlantar dalam beberapa pekan terakhir.

Penyeberangan itu merupakan pintu gerbang utama antara Afghanistan dan Pakisan, dan dilaporkan berada di bawah kendali Taliban. Juman Khan, wakil komisaris kota perebatasan, mengatakan penyeberangan dibuka kembali setelah pembicaraan dengan Taliban.

Keputusan untuk membuka perbatasan dibuat setelah badan pengungsi PBB meminta tetangga Afghanistan, untuk tetap membuka penyeberangan saat krisis meningkat.

”Ketidakmampuan untuk mencari keselamatan dapat mempertaruhkan nyawa warga sipil yang tak terhitung banyaknya. UNHCR siap memabntu otoritas nasional meningkatkan respons kemanusiaan sesuai kebutuhan,” Kata badan PBB di Jenewa.

Program Pangan Dunia melihat kekurangan Pangan di Afghanistan dalam kondisi sangat mengerikan dan memburuk. Seorang juru bicara menambahkan, situasinya memiliki semua ciri bencana kemanusiaan.