Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Pasukan Separatis Pro-Rusia di Moldova Sebut Wilayahnya Serang Drone 4 Kali

BeritaIndo – Pasukan separatis pro-Rusia di Moldova mengatakan pada Sabtu (7/5/2022) bahwa wilayah mereka telah diserang empat kali oleh drone. Serangan diwilayahnya Transdiestria yang memisahkan diri tersebut terjadi tepatnya di dekat perbatasan Ukraina.

Insiden tersebut terjadi selang ampir dua pekan setelah Transdniestria diguncang ledakan. Ledakan itu menimbulkan kekhawatiran internasional bahwa perang Rusia di Ukraina dapat menyebar ke perbatasan.

Kementerian dalam negeri Transdniestria merilis foto-foto lubang yang diklaim disebabkan oleh serangan pada Jumat (6/5/2022) malam. Kendati demikian, kementerian tersebut melaporkan tidak ada korban luka akibat serangan di Distrik Rybnnitsa yang terletak di utara Transdniestria.

Pasukan Rusia sendiri menjaga pangkalan militer dengan tempat pembuangan amunisi besar era Uni Soviet di distrik yang terletak di perbatasan Ukraina tersebut.

Pernyataan dari kementerian itu tidak mengatakan siapa yang dicurigai berada di balik serangan drone tersebut. Ukraina telah berulang kali membantah tuduhan atas insiden-insiden yang terjadi di Transdniestria. Kyiv yakin Rusia melakukan serangan palsu untuk memprovokasi perang.

Rusia sendiri memiliki pasukan penjaga perdamaian kecil di wilayah separatis tersebut selama 30 tahun. Sejumlah insiden yang dilaporkan disana telah menimbulkan kekhawatiran internasional bahwa mereka dapat di tarik ke dalam konflik.

Sementara itu, Pemerintah Moldova yang Pro-Barat mengatakan, mereka mencurigai faksi-faksi pro-perang di antara kelompok separatis di sana. Seorang komandan senior Rusia mengatakan bulan lalu bahwa Rusia berencana untuk mengambil kendali penuh atas Ukraina selatan.