Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Panas di Asia Kala Korut Tembak Proyektil-Jet China Menyusup Taiwan

BeritaIndo – Negara-negara di Asia kini tengah memanas. Korea Utara (Korut) lagi-lagi menembakkan proyektil yang diduga rudal balistik dari wilayahnya sementara Jet China juga tiba-tiba memasuki wilayah Taiwan.

Sabtu (7/5/2022) ditembakkan oleh Korut dari wilayahnya ke sisi perairan laut timur negara tersebut. Negara tetangga Korut, yakni Korsel dan Jepang menduga kuat proyektil itu adalah rudal balistik.

Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel melaporkan bahwa sebuah proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korut dari wilayahnya ke sisi perairan laut timur negara tersebut. Negara tetangga Korut, yakni Korsel dan Jepang menduga kuat proyektil itu adalah rudah balistik.

Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel melaporkan bahwa sebuah proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korut pada Sabtu (7/5) waktu setempat. Disebutkan juga bahwa proyektil itu jatuh ke perairan lepas pantai timur Korut.

”Korea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil ke Laut TImur.” Sebut Kepala Staf Gabungan militer Korsel dalam pernyataannya, merujuk pada¬† Laut Jepang. Kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, melaporkan bahwa militer Korsel meyakini itu sebuah rudal balistik.

Laporan serupa juga disampaikan oleh Penjaga Pantai Jepang, yang mengutip informasi dari Kementerian Pertahanan, yang menyebut Korut telah meluncurkan sebuah objek yang kemungkinan merupakan sebuah rudal balistik.

Penjaga pantai Jepang juga memperingatkan agar kapal-kapal di perairan sebelah timur Korut untuk berhati-hati.Peluncuran terbaru ini tercatat sebagai uji coba senjata ke-15 yang dilakukan Korut sepanjang tahun ini. Peluncuran proyektil ini dilakukan Korut hanya tiga hari setelah negara tersebut meluncurkan sebuah rudal balistik pada Rabu (4/5) lalu.

Kedua negara tetangga Korut, Korsel, dan Jepang, lagi-lagi menuduh Korut meluncurkan sebuah rudal balistik. Belum ada pernyataan resmi dari media peerintah Korut soal aktivias peluncuran tersebut. Namun diketahui beberapa waktu terakhir, Pyongyang bersumpah akan mengembangkan kekuatan nuklirnya.

Kondisi memanas juga terjadi antar China dan Taiwan. Bagaimana Tidak, sebanyak 18 pesawat Jet Tempur dan pesawat pengebom China masuk alam zona pertahanan udara Taiwan dalam sehari, atau sepanjang Jumat (6/5) waktu setempat.

Otoritas Taiwan menyebutnya sebagai penyusupan terbesar kedua sepanjang tahun ini. Taiwan diketahui terus-menerus berada di bawah ancaman invasi China yang menganggap pulau dengan pemerintahan demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya yang akan direbut kembali suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Pada Kuartal terakhir tahun 2021 lalu, terjadi kenaikan dalam aktivitas penyusupan oleh Taiwan ke dalam Zona identifikasi Pertahanan Udara, engan penyusupan terbesar dalam sehari terjadi pada 4 Oktober ketika 56 pesawat militer China memasuki zona tersebut.

Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataannya menyebut ada 18 pesawat tempur China, yang termasuk 12 jet tempur J-11 dan J-16, juga dua pesawat pengebom H-6, yang masuk ke ADIZ. Adiz tida sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan dan mencakup area yang lebih besar yang tumpang tindih dengan ADIZ milik China sendiri.

Itu menjadi penyusupan terbesar kedua dalam sehari sepanjang tahun ini, setelah 39 pesawat tempur China mengudara ke zona pertahanan Taiwan pada 23 Januari lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan pihaknya mengerahkan sejumlah jet tempur untuk memberikan peringatan dan mengerahkan sistem dual pertahanan udara untuk melacak pesawat-pesawat militer China.

Taiwan baru mulai mempublikasikan data soal aktivitas penyusupan oleh pesawat China pada September 2020. Bulan Oktober 2021 tetap menjadi bulan tersibuk, dengan 196 penyusupan terjadi dan sekitar 149 penyusupan di antaranya dilakukan hanya dalam empat hari saat Beijing memperingati Hari Nasional.