January 28, 2022

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Pabrik Perakit Iphone Bikin Mobil Listrik

BeritaIndo – Foxconn, perusahaan manufaktur yang selama ini dikenal sebagai berbagai produk Apple, tengah bersiap untuk melebarkan bisnisnya ke industri mobil listrik atau electronic vehicle.

Sebagai langkah awal masuk ke industri EV, Foxconn memperkenalkan tiga prototipe kendaraan listrik miliknya di bawah mereke Foxtron dalam konferensi Hon Hai Tech Day 2021 yang diselenggarakan baru-baru ini.

Merek Foxtron tersebut merupakan hasil joint venture alias patungan antara Foxconn dengan pembuat mobil asal Taiwan, Yulon Motors. Adapun tiga prototipe itu terdiri dari dua mobil penumpang berjenis SUV dan sedan, serta satu bus.

Ketiganya diberi penamaan yang mirip seperti mobil listrik buatan Tesla, Yakni Model C Untuk SUV, Model E untuk sedan mewah, dan Model untuk sebutan bus listriknya.

Mobil SUV Model C sendiri diprediksi akan dibanderol seharga 35.700 dollar Taiwan atau setara dengan Rp 501 juta.

Charimann Foxconn, Young Liu, mengatakan bahwa perusahaan menargetkan pendapatan pertahun dari sektor kendaraan listrik sebesar 1 triliun dollar Taiwan atau setara Rp 501 triliun pada tahun 2026 mendatang.

Belum diketahui secara pasti kapan kendaraan listrik bermerek Foxtron ini akan diproduksi secara massal. Yang jelas, Foxconn telah aktif membuat kesepakatan untuk memuluskan langkah perusahaan masuk ke industri EV.

Misalnya, Foxconn membeli Pabrik Ohio milik Lordstown Motor seharga 230 juta dollar AS, sebagai bagian dari kesepakatan, Foxcon akan memproduksi kendaraan listrik pertama Lordstown Motor, Yakni truk pikap Endurance.

Foxconn juga bekerja sama dengan pembuat EC Fisker dan akan memproduksi kendaraan listrik pada 2023.  Dengan begitu, Foxconn yang tadinya hanya melakukan manufaktur smartphone, bisa beradaptasi untuk memproduksi kendaraan listriknya sendiri.

Tak hanya di sektor otomotif, Foxconn juga dilaporkan telah mengakuisisi fasilitas semikonduktor di Taiwan. Fasilitas tersebut nantinya akan membantu perusahaan dalam pengendalian pasokan dan pengembangan chip silicon carbide, yang punya peran penting dalam produksi mobil listrik.

Foxconn mengatakan pihaknya telah mengadopsi teknologi terkini untuk mengubah rantai pasokan mobil dan mengembankan kit yang menggabungkan hardware dan software.