October 28, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Militer China Latihan Pendaratan-Penyerangan di Pantai Seberang Taiwan

BeritaIndo – Militer China menggelar latihan pendaratan di pantai yang ada di Provinsi Fujian yang tepat berseberangan dengan daratan Taiwan. Tentara China juga melakukan latihan penyerangan di provinsi tersebut.

China tidak menyebutkan lebih lanjut apakah latihan ini berkaitan dengan ketegangan terkini dengan Taiwan. Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis mengeluhkan tekanan militer dan politik yang semakin meningkat dari China, yang menganggap negara itu bagian wilayahnya. China mengerahkan puluhan jet tempur ke zona pertahanan Udara Taiwan dalam upaya memaksa Taiwan untuk menerima kedaulatannya.

Surat kabar resmi militer China, People’s Liberation Army Daily, dalam laporannya via akun Weibo mereka menyebut latihan militer itu digelar beberapa hari terakhir di bagian selatan Provinsi Fujian.

Menurut surat kabar militer China itu bahwa latihan itu melibatkan tentara kejut¬† — tentara yang secara khusus dilatih melakukan serangan mendadak, pencari ranjau dan spesialis kapal.

Laporan surat kabar militer menyertakan sebuah video yang menunjukkan tentara-tentara China dalam perahu kecil menyerbu pantai, melemparkan granat asap, menerobos pertahanan kawat berduri dan menggali parit di pasir. Latihan itu tampaknya dilakukan dengan melibatkan sejumlah kecil tentara China.

Latihan itu digelar saat cuaca cerah dan lautan tenang, yang mengindikasikan latihan tersebut tidak digelar pada Senin (11/10) waktu setempat karena Fujian terdampak badai tropis yang melintasi Taiwan dan Filipina.

Fujian akan menjadi lokasi peluncuran bagi setiap invasi yang dilakukan China ke Taiwan karena kedekatan geografisnya. China secara rutin menggelar latihan militer di area pantai, juga diperairan sengketa Laut China Selatan.

Taiwan mengecam apa yang disebutnya sebagai taktik pemaksaan China terhadap negaranya dan menegaskan akan mempertahankan wilayahnya jika diserang.

Pada Akhir pekan lalu, Presiden Cchina, Xi Jinping, menegaskan janji untuk reunifikasi dengan Taiwan. Penegasan itu dibalas keras oleh Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen yang menyatakan Taiwan tidak akan tunduk pada China.