January 28, 2022

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Mengenal Toprak Razgatlioglu, Juara Baru WorldSBK yang Bikin Geger MotoGP

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, akhirnya sukses menjadi juara baru WorldSBK usai finis kedua dalam Race 1 Seri Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Minggu (21/11/2021), El Turco pun menjadi pembalap pertama yang mematahkan dominasi sang sahabat sekaligus rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, yang berjalan sejak 2015.

Razgatlioglu lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996. Rasa cintanya pada motor pun diturunkan oleh sang ayah, Arif Razgatlioglu, yang merupakan pengendara stunt motor dan dikenal sebagai ‘Tek Teker Arif’ atau ‘Wheelie’ Arif. Arif meninggal dunia pada 2017 akibat kecelakaan motor saat berboncengan dengan kekasihnya.

Rider yang juga dijuluki ‘Stoprak’ berkat pengeremannya yang agresif dan aksi-aksi stoppie-nya yang menakjubkan di lintasan ini, mulai menghebohkan jagat balap motor dunia sejak 2019. Tak hanya menggegerkan WorldSBK, melainkan juga menggegerkan MotoGP.

Ingin mengenal Toprak Razgatlioglu lebih jauh? Berikut ulasan perjalanan kariernya di ajang balap motor dunia. Simak yuk, Bolaneters!

 

Awal Karier: Rookies Cup dan Superstock

Usai menjadi runner up pada 2011 dan menjuarai Kejuaraan Road Race Turki 600cc 2012 bersama Yamaha, Razgatlioglu memulai karier internasional di Red Bull Rookies Cup 2013 dan 2014, di mana ia masing-masing duduk di peringkat 10 dan 6.

Di ajang gengsi yang kerap menelurkan talenta-talenta hebat di MotoGP itu, Razgatlioglu bertarung dengan Karel Hanika, Jorge Martin, Joan Mir, Enea Bastianini, Joe Roberts, Darryn Binder, Stefano Manzi, Fabio di Giannantonio, Bo Bendsneyder, dan Jaume Masia.

Selain turun di Rookies Cup, Razgatlioglu juga turun di ajang European Superstock 600 pada 2014, dan merebut gelar juara pada 2015 bersama Kawasaki. Hasil ini pun membuatnya naik kelas ke European Superstock 1000 pada 2016, mengakhiri musim di peringkat kelima. Pada tahun berikutnya, ia menjadi juara.

Awal dan Akhir Kisah Bersama Kawasaki

Berkat prestasinya di Superstock 1000, Razgatlioglu pindah ke WorldSBK bersama Turkish Puccetti Kawasaki pada 2018, dan sukses meraih dua podium. Pada tahun 2019, ia pun menggila dan meraih 13 podium, termasuk dua kemenangan. Sayangnya, kisah indahnya bersama Kawasaki berakhir pada akhir tahun itu.

Razgatlioglu tadinya merupakan kandidat utama tandem Jonathan Rea. Sayang, drama internal Kawasaki di salah satu seri ajang balap ketahanan motor FIM EWC yang juga salah satu balapan paling bergengsi di dunia, Suzuka 8 Hours, pada Juli 2019, membuat Razgatlioglu dan manajemennya naik pitam.

Bertandem dengan Rea dan Leon Haslam di ajang itu, Razgatlioglu dijadwalkan turun balapan. Nyatanya, ia malah hanya dijadikan rider cadangan. Mentor Razgatlioglu yang juga lima kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu menyebut Kawasaki tak menghormati anak didiknya, dan segera menjalani negosiasi dengan Yamaha. Mereka pun mendapatkan kesepakatan untuk WorldSBK 2020-2021.

Makin Gemilang Bareng Yamaha

Membela Pata Yamaha WorldSBK, Razgatlioglu dianggap sebagai rider kedua di belakang Michael van der Mark yang lebih berpengalaman. Faktanya, ia justru meraih sembilan podium dan dua kemenangan, mengakhiri musim di peringkat keempat, meraih 228 poin. Ia unggul lima poin dari van der Mark yang duduk di peringkat kelima.

Van der Mark pun pindah ke BMW Motorrad WorldSBK tahun ini, dan Razgatlioglu otomatis menjadi pembalap utama Yamaha. Ia pun tak menyia-nyiakan kans emas ini. Sepanjang musim ini, ia pun menjadi ancaman terbesar Jonathan Rea dalam misi mempertahankan tahta di WorldSBK. Meski bersahabat, keduanya sangat sengit bertarung di lintasan.

Sejauh ini, Razgatlioglu sukses meraih total 29 podium, termasuk 13 kemenangan. Usai finis kedua di Race 1 WorldSBK Mandalika, ia pun mengoleksi 551 poin, menjadi pembalap pertama yang mematahkan dominasi Rea sejak 2015. Ia juga menjadi rider Turki pertama yang mampu merebut gelar WorldSBK, sekaligus juara dunia Yamaha pertama sejak Ben Spies pada 2009.

Bikin Geger MotoGP, Bisa Gabung pada 2023

Saking mencoloknya talenta Razgatlioglu, ia dilirik oleh tim-tim MotoGP pada pertengahan 2020. Namun, semua tawaran kala itu ia tolak karena punya misi menjadi rider Turki pertama yang menjuarai WorldSBK. Namun, namanya kembali panas dibicarakan di paddock MotoGP musim ini saat diincar Yamaha Motor Racing (YMR).

Ia jadi kandidat pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT yang musim depan berganti nama menjadi WithU Yamaha RNF MotoGP Team. Namun, lagi-lagi ia menolak, malah menandatangani kontrak baru berdurasi dua tahun dengan Yamaha Motor Europe (YME) untuk bertahan di WorldSBK sampai 2023. Keputusannya ini pun dinilai kontroversial.

Meski begitu, di sela MotoGP Austria pada Agustus lalu, ia menemui Managing Director YMR, Lin Jarvis. Detail topik pertemuan itu bersifat rahasia, namun Jarvis dikabarkan merayunya untuk pindah ke MotoGP, mengingat kontrak Razgatlioglu dengan YME isunya memiliki klausul yang mengizinkannya ke MotoGP jika sukses jadi juara WorldSBK dan memang ada tawaran menjanjikan.

Razgatlioglu tadinya dijadwalkan ikut uji coba pascamusim MotoGP di Jerez, Spanyol, 18-19 November lalu demi menjajal motor YZR-M1 untuk pertama kalinya. Namun, mengingat WorldSBK Indonesia di Mandalika diundur dari 12-14 ke 19-21 November, maka gelaran itu harus ditunda dan belum diketahui kapan akan dilaksanakan.

Statistik Prestasi Toprak Razgatlioglu

  • 2011: IDM Yamaha R6 Cup (Jerman) – Peringkat 18
  • 2011: Kejuaraan Turki Road Race 600cc – Peringkat 2
  • 2012: IDM Yamaha R6 Cup (Jerman) – Peringkat 7
  • 2012: Kejuaraan Turki Road Race 600cc – Juara
  • 2013: Red Bull Rookies Cup – Peringkat 10
  • 2014: Red Bull Rookies Cup – Peringkat 6
  • 2015: European Superstock 600 – Juara
  • 2016: FIM Superstock 1000 – Peringkat 5
  • 2017: European Superstock 1000 – Runner up
  • 2018: WorldSBK – Peringkat 9
  • 2019: WorldSBK – Peringkat 5
  • 2020: WorldSBK – Peringkat 4
  • 2021: WorldSBK – Peringkat 1