Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Ledakan Terdengar di Kiev Usai Ukraina Klaim Tenggelamkan Kapal Rusia

BeritaIndo – Ledakan keras terdengar di Kiev dan pertempuran berkecamuk di timur. Ledakan dan pertempuran itu terjadi setelah Ukraina mengklaim sebagai pihak yang menenggelamkan kapak Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam. Ledakan itu menjadi salah satu yang paling signifikan di ibu kota Ukraina sejak pasukan Rusia ditarik dari daerah itu awal bulan ini.

Ukraina mengklaim telah menembak kapal penjelajah rudal moskow dengan rudal anti-kapal Neptunus. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan kapak era Soviet itu tenggelam pada Kamis (14/4) saat ditarik ke pelabuhan menyusul kebakaran dan ledakan.

Lebih dari 500 awal dievakuasi. Namun Kemhan Rusia tidak mengakui adanya serangan terhadap kapal.

Hilangnya kapal itu terjadi saat angkatan laut Rusia melanjutkan pemboman atas kota-kota Ukraina di Laut Hitam hampir 50 hari setelah menginvasi negara itu untuk membasmi apa yang disebutnya nasionalis sayap kanan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi penghormatan kepada para tentaranya.

”Mereka yang menghentikan kemajuan konvoi peralatan militer Rusia yang tak ada habisnya. Mereka yang menunjukkan bahwa kapal-kapal Rusia dapat pergi, sampai ke dasar,” ujarnya.

Tidak ada laporan keerusakan setelah ledakan keras yang dilaporkan di Kiev, Kherson di selatan, kota timur Kharkiv dan kota Ivano-Frankivsk di barat.

Angkatan bersenjata Ukraina mengatakan serangan Rusia di kota Popasna dan Rubizhne, keduanya di utara kota pelabuhan Mariupol, telah berhasil dihalau dan sejumlah tank serta kendaraan lapis baja lainnya telah dihancurkan. Namun, informasi itu tak dapat diveridikasi secara independen oleh Reuters.

Apapun penyebabnya tenggelamnya kapal Rusia, itu merupakan kemunduran bagi Rusia dan dorongan besar bagi militer Ukraina. Angkatan Laut Hitam sangat penting untuk mendukung operasi darat id selatan timur, dimana Rusia berupaya merebut kendali penuh Mariupol.