Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Ledakan Hebat Guncang Hotel Ikonik di Kuba, 22 Orang Tewas

BeritaIndo – Sedikitnya 22 orang tewas dan lebih dari 60 terluka setelah ledakan besar mengguncang salah satu hotel bintang lima paling ekslusif di Kuba, Hotel Saratoga.

Ledakan yang mengguncang hotel di ibu Kota Kuba, Havana, tersebut diyakini berasal dari truk tanki yang terbakar dan terparkir di luar hotel, Jumat (6/5/2022).

Hotel tersebut tinggal puing-puing dan sebagian besar di dinding luarnya hancur setelah ledakan. Padahal, hotel tersebut akan dibuka kembali beberapa hari mendatang setelah ditutup selama pandemi.

Operasi pencarian dan penyelamatan terus dilakukan untuk menemukan orang-orang yang terperangkan di bawah puing-puing. Kantor Kepresidenan Kuba mengatakan, di antara korban tewas termasuk seorang wanita hamil dan seorang anak.

Sementara itu,  para korban luka telah dilarikan dan dirawat dirumah sakit terdekat. Yazira de la Caridad, yang tinggal satu blok dari hotel, mengatakan kepada CBS News bahwa dia mengira ledakan itu adalah gempa bumi.

Beberapa saksi mata mengaku melihat gumpalan asap hitam dan awan debu mengepul ke langit setelah ledakan. Sementara itu, sebuah sekolah yang terletak di belakang hotel terpengaruh oleh ledakan.

Pejabat setempat mengonfirmasi bahwa anak-anak di skeolah tersebut telah dievakuasi dengan aman. Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel telah mengunjungi Hotel Saratoga yang terletak di seberang gedung kongres lama milik pemerintah.

Peristiwa itu terjadi saat pariwisata di Kuba  kembali bangkit setelah mengalami dua tahun yang sulit akibat pandemi Covid-19. Saratoga hotel, bangunan abad ke-19 dan landmark di wilayah ibu kota, telah ditutup untuk direnovasi selama pandemi Covid-19.