Berita Indonesia Terlengkap

Berita Indonesia Terlengkap

Lagi, Korea Utara Tembakkan Proyektil Diduga Rudal Balistik

BeritaIndo – Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali menembakkan sebuah proyektil tak teridentifikasi dari wilayahnya, yang terjatuh di perairan laut timur pada akhir pekan ini. Dua negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, sama-sama menduga kuat bahwa proyektil itu merupakan rudal balistik.

Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel melaporkan bahwa sebuah proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korut pada Sabtu (7/5) waktu setempat. Disebutkan juga bahwa proyektil itu jatuh ke perairan lepas pantai timur Korut.

”Korea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil ke Laut Timur,” sebut Kepala Staf Gabungan militer Korsel dalam pernyataannya, merujuk pada Laut Jepang. Kantor berita Korsen, melaporkan bahwa militer Korsel meyakini itu sebuah rudal balistik.

Laporan serupa juga disampaikan oleh Penjaga Pantai Jepang, yang mengutip informasi dari Kementerian Pertahanan, yang menyebut Korut telah meluncurkan sebuah objek yang kemungkinan merupakan sebuah rudal balistik.

Diperingatkan oleh Penjaga Pantai Jepang agar kapal-kapal di perairan sebelah timur Korut untuk berhati-hati.

Peluncuran terbaru ini tercatat sebagai uji coba senjata ke-15 ang dilakukan Korut sepanjang tahun ini. Peluncuran terbaru ini diketahui dilakukan Korut hanya tiga hari setelah meluncurkan sebuah rudal balistik pada Rabu (4/5) lalu.

Korsel dan Jepang, pada Rabu (4/5) lalu, juga menuduh Korut meluncurkan sebuah rudal balistik. Belum ada pernyataan resmi dari media pemerintah Korut soal aktivitas peluncuran bersumpah akan mengembangkan kekuatan nuklirnya secepat mungkin.

Meskipun menghadapi sanksi internasional terhadap program persenjataannya, Korut secara dramatis meningkatkan uji coba persenjataan sepanjang tahun ini dengan mengabaikan tawaran perundingan dari Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan terbaru, wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jalina Porter, menyebut otoritas AS menilai Korut tengah mempersiapkan lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri dan bisa saja siap melakukan uji coba nuklir paling cepat bulan ini.