October 18, 2021

BeritaIndo

Berita Indonesia Terlengkap

Kurir Gelapkan 21 Handphone, Barang Tak Sampai Pembeli Padahal Kreditan, Penjual Rugi Rp 62 Juta

BeritaIndo – Sejumlah 21 telepon selular (Handphone) yang dikirim lewat kurir ternyata tidak sampai pada para pembelinya.

Pejual HP Bernama Wagino (37) asal Pendukuhan Kalinongko, Kalurahan Kedungsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, lantas melaporkan kurirnya pada polisi.

Wagino merasa sudah ditipu sang kurir bernama P (22) asal Pedukuhan Jombokan, Kalurahan Tawangsari, Kapanewon Pengasih.

”Wagino melaporkan P atas dugaan penipuan dan penggelapan,” Kata Kasubbag Humas Polres Kulon Progo, Iptu Nengah Jeffry Prana Widyana.

P Bekerja pada Wagino sebagai kurir pengantar barang dagangan berupa handphone. Wagino menawarkan pekerjaan ini pada P 20 November 2020.

HP antaran itu dibeli secara kredit oleh para konsumennya. Gawai terdiri dari berbagai merk dengan kisaran harga Rp 2juta hingga Rp 4juta. Mayoritas pembeli adalah warga Kulon Progo.

Setelah hampir setahun berlangsung pengantaran, baru ketahuan bahwa HP tidak ada yang sampai ke pembelinya. Total sampai 21 ponsel. ”HP yang diantarkan oleh terlapor tidak pernah sampai kepada pembeli,” Kata Jeffry.

Untuk memuluskan aksi, P diduga memalsukan surat perjanjian kredit HP agar Wagino percaya. Sedikitnya ada 12 lembar surat perjanjian fiktif yang dibikin oleh P.

Akibat kejadian ini, pelapor mengalami kerugian mencapai Rp 62 juta.